Pacu Inovasi Pelajar Melalui Komsos Kreatif.

CB, Surabaya – Kodam V/Brawijaya terus melakukan pembinaan terhadap seluruh pelajar di wilayah tugasnya. Bahkan, saat ini, Kodam V/Brawijaya menguji ketrampilan para pelajar melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif.

Dalam Komsos Kreatif tersebut, seluruh peserta nantinya akan mengikuti beberapa lomba yang telah ditetapkan oleh panitia, terutama lomba tarian daerah dan baca puisi.

Selain menguji mental dan kreatifitas para pelajar, lomba tersebut juga digelar dengan tujuan untuk memperingati datangnya HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 tahun ini (2017, red).

Hal itu, dikatakan langsung oleh Pabandya Komsos, Letkol Arm Yudho yang hadir mewakili Pangdam V/Brawijaya di Gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Kota Surabaya. Rabu, 13 September 2017 siang, saat membuka acara Komsos Kreatif yang diikuti sebanyak 24 peserta dari masing-masing perwakilan sekolah di Jawa Timur.

Menurutnya, kegiatan Komunikasi Sosial yang dikemas dengan berbagai lomba kesenian tersebut, bertujuan untuk meningkatkan silahturahmi antara prajurit TNI, Pemerintah, Masyarakat dan seluruh keluarga besar TNI di jajaran Kodam Brawijaya.

“Kegiatan lomba seperti ini menjadi salah satu agenda penting untuk diselenggarakan, di tengah maraknya arus budaya dari luar yang menggerus budaya asli dan kearifan daerah kita,” ujar mantan Dandenma Kodam Brawijaya itu.

Selain itu, tambah Yudho, ia menilai dengan digelarnya kegiatan tersebut, dapat memberikan nilai tersendiri bagi seluruh peserta yang didominasi oleh para pelajar.

“Ini dampaknya sangat positif sekali dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat para pelajar yang merupakan simbol generasi penerus bangsa,” katanya.

Terpisah, Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Arh Sinthu Bas Igantius S. Sos, menambahkan, selain bertujuan untuk melestarikan budaya daerah, acara tersebut digelar dengan tujuan untuk memperingati datangnya HUT TNI ke-72 tahun 2017.

“Selain pencarian pemuda yang kreatif dan inovatif, acara itu juga sebagai ajang untuk memperingati datangnya HUT TNI,” tambah Kapendam V/Brawijaya ketika ditemui di ruang kerjanya.

Dalam ajang Komsos Kreatif tersebut, Alfifah, peserta SMAN I Kamal, Kabupaten Bangkalan berhasil meraih peringkat pertama dalam lomba baca puisi dengan perolehan nilai 941. Sedangkan di posisi kedua dan ketiga, diraih oleh Fitri Hariyani dan Eka Setia Narwati yang merupakan siswi asal SMAN I Ngawi.

Sementara itu, dalam ajang seni tari, berhasil disabet oleh SMAN I Ngawi dengan perolehan nilai sebesar 2.045. Di urutan kedua dan ketiga, berhasil diraih oleh SMAN 3 Kota Blitar dan SMAN I Karangan, Kabupaten Trenggalek dengan peroleh nilai sebesar 2.017 dan 2.004. (yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *