Pemulihan Ekonomi dan Bantu Promosi Masyarakat Terdampak Bencana

CB, SURABAYA – BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)bukan hanya mengatasi bencana yg terjadi   tetapi juga  sebelum terjadinya bencana mereka juga melakukan  kesiaagaan.Nah demikian juga setelah bencana terjadi Pemerintah bertanggung  jawab terhadap pemulihan para korban  bencana.akan tetapi pemulihan itu bukan hanya tanggung jawab  pemerintah akan tetapijuga tanggung jawab masyarakat dan Dunia swasta.

BNPB bukan hanya  melakukan pemulihan terhadap fisik dan infrastrukrur  saja ,akan tetapi juga dari  segi penghidupan   masyarakat yang terdampak itu juga harus di pulihkan.segi penghidupan itu terkait dengan kehidupan ekonomi sehari hari.dari segi itu lah BNPB melakukan kegiatan- kegiatan  pemulihan ekonomi dengan cara  melakukan pendampingan pendampingan  untuk membangkitkan  kembali  kegiatan perekonomian masyarakat  yg terdampak bencana.

BNPB  tidak hanya melakukan pendampingan  akan tetapi ketika  mereka melakukan produksi,BNPB  juga  membantu bagaiman mereka di terima  oleh masyarakat luas.

Ir.R.Hutomo .M.Eng selaku Sub  Direktorat Pemulihan  Sosial Deputi Bidang Rehabitasi  dan  Rekonstruksi BNPB mengatakan”  Pendampingan ini bukan hanya  dari lingkup Jawa Timur ,kebetulan  event ini di lakukan  di Jawa Timur  akan tetapi  juga pendampingan dari seluruh Indonesia. misalnya pendampingan  dari Kabupaten Malang dampak dari  gunung  yg terjadi tahun 2015,Kabupaten Pacitan produk makanan  itu dari dampak  tsunami dan gempa bumi  tahun 2010, dampak gempa bumi  Yogjakarta  tahun 2006 .dari semua kegiatan ini  BNPB   mengharapkan  para korban   Bencana  terdampak dari segi penghidupan dan segi ekonomi bisa  membaik dan  sejaterah seperti masyarakat pada umumnya, bisa mandiri serta berkarya  sesuai dengan kemampuanya,”jelasnya. (erni)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *