Pertemuan Awal Penilaian Kinerja Guru Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SMKN 2 Simpang Empat

CB, BATULICIN – Kegiatan pertemuan awal penilaian kinerja guru (PKG) tahun 2017/2018 dilaksanakan di SMKN 2 Simpang Empat (6/10) Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Kegiatan bimbingan teknik penilaian guru tersebut disampaikan oleh Drs. H. Eddy Khairuddin,ME dari pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu terdapat tujuh orang assessor yang berasal dari internal SMKN 2 Simpang Empat :

  1. Ribut Giyono, S.pd, MM
  2. Drs. Hermansyah
  3. Gathot Purwanto,SE, M.Pd
  4. Siti Halimah, S.S
  5. Retno Wulandari, S.pd
  6. Eni Astuti, SE
  7. Novi Rian Kusuma Dewi, S.Kep.

Kepala SMKN 2 Simpang Empat Ribut Giyono,Spd,MM  dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap tahun selalu dilakukan penilaian guru yang merupakan kolaborasi hak bagi guru dan kewajiban bagi kepala sekolah, apalagi  ada tambahan guru baru (CPNS) yang belum 1 tahun bekerja maka kinerjanya perlu diuji ungkap Ribut Giyono,Spd,MM. Selanjutnya Ribut Giyono,Spd,MM mengatakan bahwa bentuk-bentuk penilaian bagi guru atau pegawai meliputi :

  1. Penilaian prestasi kerja (PPK) sasarannya adalah
  • Sasaran kerja pegawai (PKG)
  • Penilaian kerja (PK). Sebagai indikator adalah :
  • Orientasi layanan
  • Integritas
  • Komitmen
  • Disiplin
  • Kerjasama
  • Sebagai alat ukur adalah :
  • Kehadiran harian
  • Kehadiran KBM
  • Kehadiran upacara
  • Supervisi

Pelaksanaan PK guru disekolah meliputi : Hasil penilaian formatif digunakan sebagai dasar penyusun profil kompetensi dan perancanaan program PKB tahunan bagi guru dan hasil penilaian sumatif digunakan untuk memberikan nilai prestasi kerja guru (menghitung perolehan angka kredit guru pada tahun tersebut).

Pelaksanaan PKG guru di sekolah meliputi :

  • penilaian dilakukan oleh kepala sekolah atau wakil kepala sekolah atau guru senior yang kompeten ( ditunjuk oleh kepala sekolah) yang telah mengikuti pelatihan penilaian dan memperoleh sertifikat (legalitas)
  • Penilaian dilakukan 2 kali dalam satu tahun (penilaian formatif pada awal tahun dan penilaian sumatif pada akhir tahun).

Tahap penilaian meliputi :

  1. Persiapan penilaian
  2. Pelaksanaan penilaian (Pengamatan dan pemantauan)
  3. Analisis catatan hasil pengamatan dan pemantauan untuk dibandingkan terhadap indicator
  4. Penetapan skor untuk setiap indikator dalam setiap kompetensi
  5. Penetapan nilai kompetensinya. (Jhon)
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *