Melestarikan Permainan Tradisional, Bupati Ikut Main Balogo

CB, BATULICIN – Guna melestarikan seni dan budaya daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar sejumlah kegiatan seni budaya dan permainan tradisional. Salah satunya yakni permainan tradisional Balogo yang belangsung di halaman Kantor Camat Kusan Hilir, Kamis (5/10/2017).

Balogo adalah permainan tradisional Kalimantan selatan, yang biasanya dimainkan oleh anak-anak, remaja, dan orang tua secara beregu atau perorangan dengan menggunakan logo sebagai alat mainnya.

Permainan balogo kali ini berlangsung meriah, sebab salah satu pesertanya adalah Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dan sejumlah pejabat, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dengan mengenakan pakaian adat Mardani H Maming melakukan tahapan demi tahapan permainan dengan bersemangat, dan sesekali ia juga melepaskan candaan kepada para peserta yang menjadi lawan mainya.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan eseni dan budaya daerah.

Karena menurutnya, seni dan budaya daerah merupakan kekayaan daerah yang mengandung nilai positf dan kearipan lokal yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita.

Dikatakanya, permainan balogo ini sekarang sudah mulai hilang atau tidak lagi dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang, mereka sudah mulai berpindah dari permainan tradisional menuju permainan modern.

Melalui kegiatan inilah kita kembali mengenalkan budaya permainan daerah kepada anak cucu kita, sehingga permainan dan budaya tersebut dapat dilestarikan hingga masa yang akan datang. (Jhon/Rel.MC.Tanbu)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *