Program Unggulan SMKN 1 Kusan Hilir

CB, Tanah Bumbu – SMKN 1 Kusan Hilir yang berdiri sejak tahun 2004  yang terletak di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan memiliki empat jurusan program keahlian yaitu :

  1. Agribisnis Tanaman Hortikultura (ATPH)
  2. Administrasi Perkantoran (Otomatisasi dan tata kelola perkantoran)
  3. Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
  4. Agribisnis Tanaman perkebunan.

Kepala SMKN1 Kusan Hilir Ir. Untung Suparno,MM kepada Cahaya Baru mengatakan bahwa keempat program jurusan tersebut cukup diminati oleh masyarakat  dan terbukti setiap tahunnya selalu meningkat jumlah peserta didik.

Selanjutnya Ir. Untung Suparno,MM menerangkan bahwa jurusan program keahlian Agribisnis Tanaman Hortikultura (ATPH) melalui para siswa telah membudidayakan tanaman cabai dan buah melon sebagai prodak unggulan dengan lahan yang tersedia seluas 1 ½  hectare yang digunakan sebagai lahan praktek.

Selain itu pada tahun 2016 jurusan agribisnis tanaman hortikultura (ATPH) juga bekerja sama dengan petani, memanfaatkan lahan petani dengan hasil yang cukup baik. Untuk program keahlian menejemen perkantoran juga telah mengikuti uji kompetensi.

Untuk jurusan keahlian teknik computer jaringan para siswa mengetik cepat nota ke administrasian, kepegawaian sampai administrasi komputerisasi. Sedangkan untuk jurusan agribisnis tanaman perkebunan beroriantasi pada tanaman sawit dan karet.

Pada tahun 2017 SMKN 1 Kusan Hilir  telah merealisasikan 2 RKB (swadaya), 1 RPS dan 1 RKB (APBD Provinsi Kalsel).

Ir. Untung Suparno,MM menambahkan bahwa menurut rencana SMKN 1 .Kusan Hilir akan mendapatkan bantuan IMPRA (material bahan bangunan)  dari Dinas Provinsi Kalimantan Selatan, bantuan material tersebut yaitu untuk membangun pagar keliling seluas 100×50 m, ungkapnya. (Jhon)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *