Kunjungan Siswa SMKN 1 Sungai Loban ke PT. TIA

CB, Tanah Bumbu – Guna memenuhi undangan PT. Tunas Inti Abadi (PT. TIA) rombongan siswa dan guru SMKN  1 Sungai Loban mengunjungi perusahaan tersebut. PT. TIA yang merupakan salah satu perusahaan tambang di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan merespon positif kedatangan rombongan siswa maupun guru SMKN  1 Sungai Loban dan SMAN 1 Sungai Loban. Rombongan yang berjumlah total 60 orang tersebut yang terdiri dari 25 siswa SMKN  1 Sungai Loban dan 25 siswa SMAN 1 Sungai Loban ditambah masing-masing guru berjumlah 10 orang guru dari kedua lembaga pendidikan tersebut.

Dengan diadakannya wisata tambang PT. TIA ingin memberi pemahaman tentang seluk beluk pertambangan dan pembenahan lingkungan didaerah tambang kepada para pelajar khususnya pelajar SMK  dan SMA di Kecamatan Sungai Loban. Anggapan para pelajar tentang perusahaan tambang adalah merusak alam maupun lingkungan yang ditinggalkannya setelah kegiatan tambang berakhir, akan tetapi PT. TIA menegaskan bahwa perusahaan pertambangan tidak selalu merusak lingkungan. Hal ini dibuktikan oleh PT. TIA dengan mereklamasi bekas-bekas lahan pertambangan menjadi hutan-hutan heterogen yang asri. Kepala teknik tambang PT. TIA Hari Sutikno, S.E, M.S, ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa pada umumnya semua tambang dapat  merusak lingkungan namun dapat diminimalisir. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan kembali lokasi tambang tersebut dengan penanaman kembali pohon agar fungsi awal dari lokasi tambang bisa kembali menjadi hutan.

Kepala SMKN  1 Sungai Loban Deddy Suharyadi, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan yang disponsori oleh PT. TIA adalah kegiatan positif karena para siswa selain belajar pengetahuan teori disekolah dan sekaligus menimba ilmu praktek pada kegiatan wisata tambang tersebut. Kegiatan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan berkesinambungan sehingga para pelajar pada tahun berikutnya bisa mengikuti kegiatan tersebut, ungkapnya.

Senada itu juga dikatanan oleh Andy Salahuddin, S.Pd. yang merupakan Wakasek Kesiswaan SMKN  1 Sungai Loban dan sekaligus sebagai ketua rombongan wisata tambang mewakili SMKN  1 Sungai Loban, bahwa kegiatan tersebut perlu diteruskan pada tahun berikutnya.

Dalam kunjungan wisata tambang tersebut meliputi kegiatan observasi, yaitu peserta berkunjung kearea tambang dan sebelumnya para siswa diberi pengetahuan tentang  gambaran umun perusahaan dan materi-materi yang berkaitan dengan pertambangan. Diantaranya UU tentang Minerba, Bantuan Hukum Pertambangan, Tahapan Pengembangan Tambangan.

Dari kunjungan wisata tambang tersebut dapat disimpulkan bahwa pertambangan batubara yang banyak ditemukan di area Kabupaten Tanah Bumbu. Salah satu diantaranya PT. TIA yang memiliki luas area pertambangan 3085 Ha mencakup Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Kusan Hulu. Pasalnya PT. TIA tidak hanya menguras sumber daya alam saja yang dimiliki oleh Negara akan tetapi perusahaan ini juga ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan eks tambang. (Jhon)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *