Denpal PALU Musnahkan Bahan Peledak Kadaluarsa

CB – Pemeliharaan dan pengamanan bahan-bahan peledak yang dimiliki TNI harus sesuai dengan Prosedur Tetap Pengamanan yang tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terlebih lagi terhadap bahan-bahan peladak yang sudah kadaluarsa dan yang sudah kategori rusak berat. Terhadap bahan-bahan seperti ini harus segera didisposal atau dimusnahkan dengan cara diledakkan setelah mendapat ijin dari Komando Atas seperti yang dilakukan oleh Denpal Palu pada hari ini (18/10/2017) di Lapangan Tembak Paniki Ds. Pombewe Kab. Sigi.

Hari ini sebanyak 525 butir granat tangan buatan Korea tipe K75 yang telah berusia 15 tahun dan dalam kondisi rusak berat, pagi ini diledakkan dibawah pimpinan Dandenpal Palu Mayor Cpl Hutapea. Peledakan dilakukan dengan cara ditanam dalam sebuah lubang dg sedalam 130 cm dan diledakkan dengan menggunakan TNT secara terkendali dari jarak 150 m dengan 3 sesi peledakan.

 
Dalam keterangan persnya dilokasi peledakan Plh. Kapenrem Mayor Chk Dedy Afrizal, SH ketika ditanyakan oleh para wartawan yang ikut serta menyaksikan peledakan ini menyatakan bahwa peledakan granat Korea K75 ini dilaksanakan sesuai dengan Perintah dari Pangdam XIII/Mdk  untuk memusnahkan bahan-bahan peledak yang telah kadaluarsa dan yang sudah berkondisi rusak berat. Tujuannya adalah agar tidak membahayakan warga yang berada disekitar gudang penyimpanan.

Beliau juga mengatakan bahwa disposal/pemusnahan ini sesuai dengan prosedur tetap pemeliharaan dan pengamanan bahan-bahan peledak yang sudah diatur dari Komando Atas dan itupun harus dilaksanakan secara terencana dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,  jelasnya.

Untuk keamanan, dalam peledakan ini harus dilakukan dari jarak 150 m dan disaksikan dari jarak aman lebih kurang 1 km,  karena daya lontar pecahan granat ini sangat jauh dan mematikan oleh karenanya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dengan mengutamakan faktor keamanan.

Jauh sebelum peledakan ini,  kami sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Polres dan Polsek serta Kepala Desa disekitar lokasi Lap. Tembak yang tujuannya utk memberitahukan dan mensosialisasikan kepada warga agar pada saat kegiatan peledakan tidak melakukan aktivitas disekitar lokasi, jelas Kapenrem.

Adapun bahan-bahan peledak yang dimusnahkan hari ini berupa granat tangan Korea K75 berjumlah 525 butir. Efek dari ledakan ini menimbulkan suara dan getaran yang masih terasa hingga radius 1 km. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *