Penguatan Wasbang Bagi Diklatsar Banser Perkokoh Semangat Cinta NKRI

CB, (Pendim 0815 Mojokerto) – Pengurus Anak Cabang Ansor Kecamatan Dawarblandong menutup Diklat Barisan Ansor Serba Guna (Banser) yang berlangsung di Lapangan Waduk Cendoro Desa Cendoro Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Senin (30/10/2017) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka kaderisasi di lingkup GP Ansor ini dilaksanakan sejak Sabtu (28/10) sore lalu dan diikuti 130 orang peserta Diklatsar Banser. Acara pembukaan yang berlangsung di di lapangan Pondok Pesantren Al-Amin Dusun Bakung Desa Cendoro Kec. Dawarblandong dihadiri saat acara pembukaan, antara lain Forpimka Dawarblandong, Ketua PAC Ansor Kecamatan Dawarblandong Sukiswanto, S.Pd.I, Ketua dan Sekretaris Panpel Diklatsar Banser Imam Mahdi, S.Pd dan Muchammad Yazid, serta undangan.

Selama Diklatsar Banser ini, peserta dibekali beberapa materi diantaranya Management Organisasi, Wawasan Kebangsaan, Penyalahgunnan dan Bahaya Narkoba, Ke-GP Ansor-an dan Ke-Banser-an, Ke-NU-an dan Aswaja, Tradisi Amaliah NU, Kemampuan Dasar Banser, Tata Upacara Bendera, Teknik Lalu Lintas, Teknik Pengamanan dan Pengendalian Massa, Bela Diri Praktis, Rencana Tindak Lanjut (RTL), Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor, Caraka Malam.

Mulai hari pertama, Sabtu (28/10), Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Khoiri berkesempatan hadiri dan memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada para peserta Diklatsar Banser, meliputi NKRI Harga Mati, Menjaga Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Peranserta Ulama NU Dalam Perjuangan Kemerdekaan.

 

 

Kemudian pada hari kedua, Minggu (29/10) bertempat di Balai Desa Cendoro Kecamatan Dawarblandong, Danramil 0815/08 Dawarblandong melanjutkan pemberian materi Tata Upacara Bendera dan PBB dengan dibantu 5 orang anggota Pelda Sampuri, Serka Suwono, Sertu Yasin, Serda Sumarjono dan Kopda Yusuf.

Usai memberikan materi, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Khoiri mengajak para peserta untuk kembali meneguhkan Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Danramil juga mengajak para peserta untuk bersama-sama menggugah kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara melalui penguatan wawasan kebangsaan.

Selain Koramil 0815/08 Dawarblandong, hadir pemateri lainnya dari Pengurus wilayah GP Ansor, PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Polsek Dawarblandong dan Satkoryon Banser. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *