PKK SURABAYA Terkesan Posyandu RAPI Kota MOJOKERTO

CB, Mojokerto – Kesuksesan Posyandu Raung-Merapi (RAPI) Kota Mojokerto meraih penghargaan Pakarti Utama II Tingkat Nasional dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tahun 2017 bulan Juli lalu membuat Tim Penggerak PKK Kota Surabaya tertarik untuk studi banding ke Kota Mojokerto.

Rabu (1/11) lalu, Ketua TP PKK Kota Surabaya Siti Nuria Zamzam Sigit bersama rombongan mengadakan studi banding ke Kota Mojokerto. Adalah Posyandu Raung-Merapi (RAPI) yang menjadi titik perhatian TP PKK Surabaya untuk mengetahui seperti apa Posyandu yang terletak di Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari ini sehingga mendapatkan penghargaan tertinggi tingkat Nasional.

Sebelum ke Posyandu RAPI, TP PKK Kota Surabaya diterima Ketua TP PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus bersama Kepala Dinas Kesehatan Ch Indah Wahyu, Kepala Dinas P3AKB Moch Imron dan jajarannya di Ruang Nusantara Kantor Pemkot Mojokerto.

Siti Amsah menuturkan bahwa kunjungan TP PKK Kota Surabaya adalah bentuk silaturahim dan kebersamaan yang terjalin sangat baik selama ini. Kunjungannya juga merupakan kebanggaan dan kehormatan karena Kota Surabaya sebagai kota yang besar sangat terkesan dengan Kota Mojokerto.

Keberadaan posyandu, tutur Siti Amsah, sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena dengan adanya posyandu, persoalan kematian ibu dan anak dapat menurun serta dapat menanggulangi persoalan gizi buruk pada balita. “Apalagi keberhasilan posyandu dalam program gizi dan imunisasi di Kota Mojokerto telah diakui secara nasional,” tuturnya.

Siti Amsah juga senantiasa menekankan kepada para kader untuk terus proaktif menggerakkan kaum ibu dan anak balitanya untuk datang ke posyandu guna mendapatkan pelayanan gizi dan kesehatan serta pelayanan lainnya.

“Seorang kader posyandu harus mengetahui dan paham, karena merupakan mediator yang sangat strategis untuk menyampaikan informasi dari program kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga (KKBPK). Melalui posyandu, ketahanan keluarga dan kesejahteraan keluarga dapat diwujudkan,” jelasnya.

Usai acara seremoni penerimaan, Ketua TP PKK Kota Mojokerto Siti Amsah dan Ketua TP PKK Surabaya bertukar cinderamata. Kemudian rombongan menuju Posyandu Raung-Merapi untuk mengetahui lebih dekat proses berjalannya posyandu yang mendapatkan juara tingkat nasional. Setelah dua jam studi banding di Posyandu Raung-Merapi, rombongan TP PKK Kota Surabaya berwisata di TPA Randegan Kota Mojokerto. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *