Tim “Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017” Meninggalkan MERAUKE

CB, Merauke – Komandan Komando Resort Militer 174/Anim Ti Waninggap Merauke Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P, selaku Wakil Komandan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 melepas peserta Ekspedisi NKRI yang selesai melaksanakan tugas untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan KRI Surabaya 591 di Dermaga Lantamal XI Merauke, Minggu (5/10/2017).

Upacara pelepasan yang dihadiri oleh Koordinator Ekspedisi NKRI, Wadanlantamal XI Merauke, Para Kasi Korem 174/ATW, Kapolres Merauke, Dandim 1707/Merauke, Kadishub, Kadis Ops Lanud serta Forkominda Merauke ini menandai telah usainya kegiatan yang dilaksanakan oleh tim Ekspedisi yang telah bertugas di Papua Bagian Selatan.

Dalam sambutan Danrem yang disampaikan oleh Kepala Staf Korem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra, SE,M.M menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian, kepedulian tim Ekspedisi NKRI selama melaksanakan kegiatan di wilayah Papua Bagian Selatan.

Kepedulian terhadap masyarakat dan upaya pelestarian alam di wilayah Papua Bagian Selatan merupakan upaya dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Indonesia bagian Timur.

Koordinator Ekspedisi NKRI Kolonel Inf Dwi Anggono menyampaikan bahwa, KRI Surabaya 591 akan menempuh perjalanan selama 11 hari dan akan singgah di Pelabuhan Makassar untuk selanjutnya kembali berlayar menuju ke Jakarta.

“Peserta ekspedisi nantinya akan mengikuti upacara penutupan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017 yang rencananya akan digelar pada tanggal 20 Nopember 2017 di Jakarta, “ ujar Kolonel Inf Dwi Anggono.

Ratusan orang peserta Ekspedisi yang berasal dari pusat akan kembali menuju Jakarta dengan menggunakan KRI Surabaya 591 yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat,S.Si.

Kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan ini melibatkan 1197 orang peserta dari pusat maupun daerah dari berbagai elemen bangsa, dari TNI, Polri, para Ahli (Peneliti), Mahasiswa (Akademisi), Pemda dan Masyarakat.

Hasil Ekspedisi NKRI 2017 nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik yang menyangkut ilmu pengetahuan maupun untuk mendukung pengambilan kebijakan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Dengan tema “Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia”, Ekspedisi NKRI diharapkan dapat mendorong seluruh komponen bangsa, khususnya generasi muda untuk lebih mengenal Indonesia dengan berbagai keragaman hayati dan sosialnya agar kecintaan terhadap tanah air semakin meningkat. (Ertin Primawati)

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *