Bulan Desember, Kapal Pesiar Dream Cruise Melancong Ke Surabaya

CB, SURABAYA – Kota Surabaya kembali kedatangan kapal pesiar asal Hongkong, Dream Cruise. Rencananya, kapal pesiar terbesar di dunia tersebut akan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 12 dan 26 Desember 2017.

Manajer Indonesia CruiseAsia Agus Jaya menyampaikan, kapal yang baru beroperasi selama 1 tahun itu akan masuk ke Surabaya dengan membawa 3 sampai 4 ribu penumpang yang berasal dari berbagai macam negara. “Untuk marketnya sendiri lebih ke Cina Market, seperti Cina, Malaysia, Hongkong dan India, Mixnya lebih ke asia,” kata Agus usai bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerja wali kota, Selasa (7/11).

Dikatakan Agus, alasan memilih Surabaya untuk disinggahi kapal pesiar karena pihaknya ingin mengangkat nilai pariwisata Kota Surabaya. Alasan lainnya, Surabaya merupakan salah satu bagian kota yang memiliki nilai historical. “Dengan opsi yang kita punya, kami akan berusaha mengangkat nama surabaya di kancah pariwisata,” terangnya.

Lebih lanjut, sebelum masuk ke surabaya, kapal pesiar terbesar yang pertama kali masuk ke Indonesia itu terlebih dahulu singgah ke Singapura. Kemudian, lanjut Agus, para wisatawan akan tiba di surabaya untuk mengunjungi beberapa wisata yang ada. “Ada 8 opsi tur yang kita jual diantaranya bromo, bali barat, madura, museum surabaya, kayun, trowulan (Mojokerto) dan kantor wali kota, lebih di dominasi oleh city tur nantinya,” ujar pria kelahiran Bali itu.

 

Ditanya soal persiapan kedatangan wisatawan ke surabaya, Agus mengakui bahwa pihaknya dan pemkot (dinas pariwisata) terus melakukan koordinasi salah satunya hari ini ketika bertemu dengan Wali Kota surabaya Tri Rismaharini. “Alhamdulilah setelah bertemu, bu wali menyampaikan respon yang sangat positif dan memberi support. Jadi kami semakin  yakin mampu memberikan hasil terbaik dengan bantuan bu wali,” ungkap Agus.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Widodo Suryantoro menambahkan, untuk menyiapkan acara ini agar mampu berjalan dengan lancar, pemkot terus melakukan rapat koordinasi salah satunya membahas keamanan “Nanti kita bantu karena karena menyangkut banyak orang,” tegas Widodo.

Sedangkan untuk persiapan rute dan seterusnya, Widodo akan berkoordinasi dengan jajaran polrestabes, dishub dan jajaran terkait agar proses perjalanan kapal pesiar Dream Cruise menuju surabaya aman dan lancar.

Disampaikan Widodo, datangnya wisatawan kapal pesiar ke surabaya, akan membawa dampak positif bagi warga surabaya. Menurtnya, wisatawan tidak sekedar berjalan-jalan melainkan juga akan berbelanja di beberapa mall salah satunya mall Tunjungan Plaza. “Ini adalah sumber devisa, ketika wisatawan datang mereka tidak hanya berjalan-jalan, tetapi juga mengunjungi mall, serta beberapa tempat wisata yang ada di surabaya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kapal pesiar Dream Cruise rencananya akan membawa 2.000 crew dan 2 kapal pesiar lain yang datang ke surabaya di tahun 2017 antara lain, Seabourn encore, silver shadow. Sedangkan di awal tahun 2018 akan ada kapal pesiar Jan Volendam yang juga mendarat di pelabuhan tanjung perak surabaya.(Yud)

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *