Bati Tuud Koramil 0815/02 Trowulan Ikuti “Temu Teknis Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tahun 2017” Kab. Mojokerto

CB, (Pendim 0815 Mojokerto) – Bati Tuud Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto Pelda Muntholib Ikuti “Temu Teknis Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tahun 2017” yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Selasa (14/11/2017).

Hadir dalam kegiatan sekitar 126 orang diantaranya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Ir. Suliestyowati, MM, Kabid pada Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Sukarlina, SP, MMA, Danramil 0815/02 Trowulan yang diwakili Bati Tuud, Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Trowulan Imam Syafi’i, SP, Koordinator PPL Kecamatan Jatirejo, Koordinator PPL Kecamatan Sooko, Babinsa Trowulan Serda Suyanto, Poktan dan Gapoktan dari 3 kecamatan yakni Trowulan, Jatirejo dan Sooko.

Pelatihan berlangsung selama 4 jam, dari pukul  08.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB diikuti Poktan dan Gapoktan perwakilan dari Kecamatan Trowulan, Kecamatan Jatirejo dan Kecamatan Sooko.

Dalam kegiatan pelatihan pertanian dan peternakan dijelaskan oleh Pemateri dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Sukarlina, SP., MMA., tentang cara menanam yang baik dan juga bagaimana cara membasmi atas memberantas hama penyakit tanaman pertanian maupun peternakan.

Pelatihan cara menanam  pertanian  dan peternakan  serta  hama penyakit tanaman bagi petani meliputi tanaman tebu, tanaman ketela pohon (kaspe), tanaman nanas, tanaman  Padi  Jarwo. Sementara untuk bidang peternakan diantaranya cara beternak ayam, cara beternak sapi, cara beternak kambing.

Dengan mengikuti kegiatan temu teknis penyuluhan pertanian tersebut, diharapkan Babinsa dapat menyerap ilmu pertanian sehingga dapat bermanfaat bagi pribadinya dan bila terjun ke lapangan bersama-sama penyuluh pertanian dapat memberikan motivasi kepada para petani agar bisa meningkatkan hasil pertaniannya.

“Melalui pelatihan ini peran Babinsa bukan hanya sebagai pendamping saja tetapi mereka juga ikut menyerap dan mengusai ilmu pertanian sehingga bisa menerapkan ilmunya kepada para petani, tentunya dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan para penyuluh pertanian lapangan (PPL) sehingga terjadi sinkronisasi di lapangan,” jelas Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *