Peringatan HKN Ke 53, Peran Keluarga Mendorong Pembangunan Kesehatan

CB, BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor mengatakan keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009.

“Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam mendorong pembangunan kesehatan,” kata Wabup saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI pada peringatan Hari Kesehatan RI ke 53 di halaman Kantor Bupati, Senin (13/11/2017).

Menurutnya lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat.

“Oleh kerena itu kita perlu terus berupaya untuk membudidayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” terangnya.

Dia menambahkan Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu dalam peringatan HKN tersebut Wakil Bupati Tanah Bumbu sekaligus menyerahkan penghargaan Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Nasional 2017 untuk kategori Sanitarian kepada PKM Batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang dan Kategori Bidan untuk PKM Lasung Kecamatan Kusan Hulu. (Jhon / Rel MC Tanbu)

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *