Curas Zaman Now Berkedok Ulama, Diringkus Polda Jatim

CB, SURABAYA – Berbagai bentuk kejahatan di tengah tengah masyarakat kini kian beragam, salah satunya Pelaku Curas “Zaman Now” yang satu ini. Setelah sempat viral di sosial media, para pelaku curas ( pencurian dan kekerasan) yang berkedok sebagai Ulama ( Kyai ) kini berhasil diringkus Subdit III Jatanras, Ditreskrimum, Polda Jatim.

Dalam video yang sempat viral di sosial media, para pelaku mempunyai peran masing – masing diantaranya YZ (50), warga Kraton Pasuruan berperan pura-pura bertanya alamat kepada korban dan menarik paksa perhiasan berupa kalung milik korban, sedangkan YS (33), warga Kraton Pasuruan sebagai sopir mobil sekaligus mencari calon korban dan SS (57), warga Kejayan Pasuruan, yang berperan sebagai ulama atau kyai dan meminta korban menyerahkan perhiasan tersebut.

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Agung Yudha Wibowo mengatakan,”Ketiga pelaku kami tangkap, setelah beraksi di jember dan terekam kamera CCTV yang berada didepan TKP ( tempat kejadian perkara ). Setelah melakukan pelacakan dan pengejaran, dalam waktu singkat ketiganya berhasil kami tangkap,” jelasnya

 

Lanjut agung, modus para pelaku yakni pelaku YZ berpura – pura bertanya alamat kepada calon korban, setelah itu pelaku YZ mengenalkan korban kepada pelaku SS yang saat itu berpakaian dan berperilaku seperti ulama atau kyai yang ingin mendoakan korban. Kemudian SS meminta korban untuk menyerahkan perhiasannya, korbannya pun seperti kena gendam, perhiasan cincin, kalung dan gelang yang dipakai korban diserahkan begitu saja kepada pelaku. Jika tidak berhasil, pelaku YZ merampas dan membawa kabur perhiasan milik korban.

Ketiga pelaku juga mengaku, telah melancarkan aksinya di 10 ( sepuluh ) Kota di Jawa Timur dengan target korban rata – rata wanita Lansia. Tak hanya itu, para pelaku juga mengaku beraksi tiga sampai empat kali dalam sehari di satu kota.

Selain mengamankan ketiga pelaku, petugas juga menyita barang bukti  berupa pakaian ulama yang dipakai pelaku saat melakukan aksi kejahatan, mobil sewaan Toyota, HP, 6 cincin emas dan uang tunai Rp 1 juta hasil kejahatan. (Harry) 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *