Sinergi TNI-Polri, Karya Bakti Di Sungai Marmoyo

CB, Mojokerto – Gabungan anggota TNI-Polri, BPBD, Instansi Terkait dan Relawan Mojokerto melaksanakan karya bakti di Sungai Marmoyo Desa Penompo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Kamis (30/11/2017).

Karya bakti ini dilakukan untuk mengangkat material 2 rumpun bambu yang roboh dan masuk ke dalam sungai hingga menghambat arus air dan berpotensi menimbulkan longsor dan luapan di sejumlah titik tatkala hujan deras melanda daerah hulu sungai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Drs. HM Zaini, MT., MM., tampak di lokasi saat pelaksanaan evakuasi dengan didampingi Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto, Kasat Sabhara AKP Anang dan pimpinan instansi terkait lainnya.

Selain untuk mengangkat rumpun bambu, dalam kegiatan karya bakti ini juga dilakukan pembersihan sekitar tanggul sungai sebagai persiapan pemasangan bronjong kawat. Di lokasi tersebut juga dilakukan pemasangan police line agar masyarakat waspada karena rawan longsor bila arus sungai deras, terang Danramil.

Alat peralatan yang digunakan untuk mendukung kelancaran karya bakti yaitu 1 unit LCR (perahu karet), 1 set tali pengaman, 2 utas tali tambang masing-masing 50 meter, gergaji, golok dan berang masing-masing 15 buah, dan 1 unit senzo kecil.

Pelibatan personel dalam karya bakti tersebut sejumlah 108 orang, antara lain TNI dari Koramil 0815/07 Jetis 8 orang, Polres Mojokerto Kota 10 orang, Polsek Jetis 2 orang, PBD 15 orang, Kecamatan dan instansi di Jetis 15 orang, Balai Besar Sungai Brantas 2 orang,Petugas Jasa Tirta 1 orang, Relawan KORI 9 orang, Relawan KRI 2 orang Relawan PPNI 13 orang, perangkat desa 4 orang dan warga masyarakat 25 orang. Selama pelaksanaan karya bakti berlangsung, suasana penuh kebersamaan dan kekompakan.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Kepala Balai Besar Brantas diwakili Sdr. Eki, Camat Jetis Drs. Moch Malik MM., Kades Penompo diwakili Sekdes Sdr. Rosi dan Ketua BPD serta Pimpinan Relawan. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *