Camat Rubaru : Kades Harus Bangun Masyarakat Mandiri

CB, SUMENEP Agar proyeksi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bisa sesuai dengan target, tentu perlu kontrol maksimal dari sejumlah pihak terkait. Seperti yang dilakukan oleh Camat Rubaru, Arif Susanto, saat ini. Menurutnya, “hujan duit” bagi setiap Desa itu mesti dimanfaatkan dengan proporsional.

“Kepala Desa (Kades) yang berada di Kecamatan Rubaru juga harus mampu memanfaatkan anggaran untuk mengedukasi masyarakat. Ini yang terpenting. Sebab, kebanyakan daerah hanya mementingkan infrastruktur semata, tanpa ada pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia), agar lebih mandiri,”kata pria kelahiran Tuban ini. Selasa (05/12/2017).

Arif menilai, jika masyarakat sudah lebih mandiri, maka kesejahteraan mereka juga akan lebih terjamin. Kemudian, alokasi anggaran bisa diarahkan ke pengembangan, seperti infrastruktur yang mendukung.

Untuk mewujudkan semuanya itu, Arif mengaku selalu mengawal Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes) di Kecamatan yang dipimpinnya sejak tahun 2017 ini. “Hal itu merupakan langkah untuk menyatukan misi dalam proses pembangunan identitas Rubaru,”tambahnya.

Upaya membangun identitas itu dilakukan melalui produk. Arif berkomitmen memunculkan produk-produk unggulan  di setiap Desa di Kecamatan Rubaru. Pria berusia 42 tahun ini mengaku akan mengalokasikan anggaran untuk mengolah hasil pertanian dan perkebunan untuk diproduksi. “Seperti misalnya buah kedongdong yang bisa dibuat selai di Desa Pakondang,”tutupnya. (mc/mam/yud)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *