Sidoarjo peringati Maulid Nabi SAW dengan Lomba Bakar Bandeng pada Festival Bandeng

CB – Sidoarjo, Dinas Pangan dan Pertanian kabupaten Sidoarjo menggelar lomba bakar ikan di pesabean Alun-Alun Sidoarjo setelah dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin pada Rabu, 6 Desember 2017.

Dalam sambutanya Dinas Pangan dan Pertanian, Handayani mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H. Selain lomba bandeng, juga diadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak TK. Serangkaian acara tersebut bekerjasama dengan TP-PKK kabupaten Sidoarjo dan IGTKI kabupaten Sidoarjo.

“Lomba bandeng untuk guru-gurunya dan lomba mewarnai untuk murid-muritnya,” ujar Handayani

Dalam acara dihadirkan tiga dewan juri dari Akademi Gizi Surabaya, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, dan TP-PKK kabupaten Sidoarjo. Sebanyak 54 peserta turut hadir memeriahkan acara lomba dari guru TK se Kabupaten Sidoarjo.

Ia katakan, kegiatan ini sudah menjadi tradisi Kabupaten Sidoarjo dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam lomba menggambar kali ini mengusung tema ikan bandeng. Pasalnya, ikan bandeng merupakan ikon Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan, kegiatan seperti ini bandeng semakin dikenal masyarakat, khususnya pada anak-anak.

Sementara itu Direktur Akademi Gizi Andrianto mengatakan penilaiannya akan benar-benar selektif dan ada sudut pandang yang beragam dari setiap dewan juri. Sebagai kriteria penilainya, seperti rasa, penampilan masakan, dan proses pembakarannya pun juga akan dinilai. Selain itu, menu bandeng yanh disajikan juga harus memenuhi unsur B2SA (Beragam, Bergizi, Sebang dan Aman).

Peserta lomba diberi waktu selama 30 menit untuk proses membakar bandeng dan disedikan waktu 15 menit untuk proses penyajian. Sedangkan, setiap peserta lomba hanya diperbolehkan didampingi satu asisten, lebih dari itu akan didiskualifikasi.

Hadiah yang akan diterima peserta lomba adalah uang tunai senilai 3,5 juta untuk pemenang pertama. Sedangkan untuk pemenang kedua uang tunai senilai 3 juta, dan untuk pemenang ketiga mendapatkan uang tunai senilai 2,5 juta. Dalam lomba bakar bandeng pemenang lomba akan diumumkan pada malamnya di agenda lelang bandeng kawakan tradisional di Alun-Alun Sidoarjo. (wan)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *