Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung “The Spectacular Tower Karst”

CB, (Maros-Sulawesi Selatan) – Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung diberi juga julukan “The Spectacular Tower Karst” sebagai representasi keunikan dan kekhasan karst yang memiliki beragam fungsi.

Salah satu kawasan karst di Indonesia yang dikenal sebagai Kawasan Karst Maros Pangkep (KKMP) memiliki tipe menara karst (tower karst) yang terbesar dan terindah kedua di dunia setelah kawasan karst di Cina Selatan seluas ±46.200 ha, dimana ±22.800 ha KKMP termasuk dalam kawasan Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung.

Tidak hanya menyajikan pemandangan dan fenomena bentang alam yang menakjubkan dengan gua-guanya yang spektakuler. KKMP juga memiliki peran penting yang tak tergantikan bagi kehidupan, dimana di dalamnya mengalir sungai-sungai bawah tanah, sedangkan di tebing-tebingnya banyak muncul mata air yang dimanfaatkan sebagai sumber air bersih. Air tersebut yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau datang.

Selain itu, KKMP juga merupakan tempat hidup berbagai jenis fauna, khususnya fauna-fauna gua yang belum banyak dikenal manusia. Tercatat tidak kurang 732 fauna dan 710 flora yang telah teridentifikasi di KKMP.

Bahkan, kawasan karst ini juga bernilai tinggi di bidang arkeologi, dimana terdapat gua-gua prasejarah dan bukti-bukti otentik yang merupakan jejak peradaban manusia ribuan tahun silam. Kategori gua prasejarah dengan lukisan stensil tangan tertua di dunia yang diperkirakan berusia ±40.000 tahun juga ada di kawasan ini. (Ertin Primawati)

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *