Pilgub Jatim 2018, Oi Jawa Timur Turut Antar Gus Ipul Daftar ke KPU

Robby:  Ini bentuk apresiasi kami kepada pembina Oi Jatim.

 

CB, surabaya – Ada pemandangan yang menarik saat pasangan calon gubernur (cagub) Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon wakil gubernur (cawagub) Puti Guntur Soekarnoputri (Puti) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, di Jalan Tenggiling Surabaya. Sejumlah massa yang tergabung dalam wadah Oi Jatim nampak turut serta mengantarkan Gus Ipul-Puti menjalani proses pendaftaran.

Kehadiran Oi Jatim  tersebut terlepas dari urusan konteslasi politik untuk mendukung salah satu kandidat pasangan cagub-cawagub Jatim 2018-2023. Tapi lebih mengarah pada soal bentuk apresiasi dan partisipasi terhadap keberadaan Gus Ipul sebagai pembina Oi Jatim. Seperti penegasan yang disampaikan oleh Koordinator OiPUL Jawa Timur, Robby Wijono.

“Kami bukan bagian dari mesin politik partai yang mengusung Gus Ipul. Kehadiran kami tidak lebh sebagai apresiasi dan partisipasi rekan-rekan terhadap Gus Ipul selaku pembina kami,” ujar Robby, disela pendaftaran pasangan Gus Ipul-Puti di KPU Jawa Timur, Rabu (10/1/2018).

Wadah Oi, lanjut Robby, tidak diijinkan untuk berafiliasi maupun bermain diranah partai politik. Keberadaan Oi hanya sebatas pada bentuk sosial kemasyarakatan dan lingkungan. Jadi kehadiran kami tidak serta merta terkait dengan langkah tim pemenangan cagub cawagub yang diusung parpol di pentas Pilgub Jatim 2018.

“Sekali lagi, Oi Jatim tidak tergabung dengan parpol manapun. kami hadir disini merupakan salah satu bentuk rasa simpati kepada Gus Ipul sebagai pembina Oi Jatim,” tandas Robby.

Lebih jauh Robby mengungkapkan, kedekatan Gus Ipul dan rekan-rekan Oi sudah terjalin sejak lama. Bahkan di saat Gus Ipul menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur sejak 2008, nama dia sudah didapuk sebagai pembina Oi Jatim. Nyaris seluruh kegiatan Oi Jatim selalu didukung oleh Gus Ipul. Termasuk pembentukan “kampung bumi hijau” di Wiyung Surabaya dan “kampung sejuta warna” di Gresik, yang dihadiri musisi Iwan Fals. Begitu halnya dengan kegiatan-kegiatan Oi di sejumlah daerah yang digelar para anggota Oi kota/kabupaten se Jawa Timur.

“Karena itu, seyogyanya jika Oi Jatim turut serta hadir di saat Gus Ipul mendaftar di KPU,” imbuh dia.

Saat pendaftaran di KPU, terlihat beberapa pengurus dan anggota Oi dari sejumlah daerah. Oi nampak berbaur dengan massa pendukung lainnya. Dengan mengusung kesenian tradisional dan spanduk berukuran 2 x 3 meter bertulisan “Berani Beda OiPUL Jatim” serta skesta wajah Gus Ipul, arak-arakan ini berjalan kaki ke kantor KPU Jawa Timur.

Untuk diketahui Oi merupakan organisasi kemasyarakatan dan keberadaannya ada di hampir seluruh daerah di Indonesia, dan lengkap dengan kepengurusan masing-masing. (ful)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *