Tingkatkan Sinergitas Wujudkan MEDAN Aman dan Damai

CB, Medan – Guna meningkatkan sinergitas antara TNI – Polri dan Pemko Medan menggelar Apel Bersama di Makodam I/ BB, Jalan Gatot Subroto, Kamis (11/01/2017). Apel Bersama dalam rangka mewujudkan wilayah Medan aman dan damai ini dipimpin Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri, Wali Kota Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI dan Wakil Wali Kota Ir Akhyar Nasution serta Forkominda Sumut. Selain Apel Bersama, guna meningkatkan sinergitas antara TNI- Polri dan Pemko Medan digelar juga senam bersama dan outbond yang diisi berbagai permainan serta hiburan. Diharapkan melalui seluruh rangkaian kegiatan ini dapat membentuk kekompakan dan kebersamaan sehingga sinergitas dapat terjalin.

Kapoldasu dalam arahannya mengatakan Kegiatan apel bersama ini merupakan sarana untuk meningkatkan hubungan silaturahmi dan kebersamaan dalam menjaga stabilitas keamanan di Kota Medan. Artinya kegiatan seperti ini diharapkan terus dilanjutkan secara berkesinambungan. “Apel Bersama ini merupakan wahana instrospeksi diri, sehingga kekurangan yang kita temukan dapat dieliminir bahkan ditiadakan serta dapat memperbaiki semua kekurangan yang terjadi, baik bagi seluruh Prajurit TNI, Polri beserta unsur pemerintah Kota Medan. Mari kita berantas kejahatan bersama-sama agar tercipta stabilitas keamanan yang nyaman dan kondusif di daerah kita,” kata Kapolda.

Menurut Kapoldasu, kegiatan semacam ini penting dilakukan, sebab dinilai mampu meningkatkan solidaritas dan kebersamaan yang selama ini sudah kita jalin dengan baik. Artinya melalui Apel Bersama ini maka akan semakin bersinergis dalam mewujudkan dan memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga sampai saat ini Kota Medan masih dapat kita pelihara dalam suasana yang aman, tertib, rukun dan damai,” jelasnya. Terkait Pilkada 2018 diwilayah Sumut, Kapolda Sumut mengingatkan akan komitmen tentang Netralitas TNI – Polri sehingga tidak ada anggota yang terlibat politik praktis guna mensukseskan pengamanan pilkada secara tertib, aman dan damai.

Dikesempatan yang sama, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri mengharapkan agar kegiatan olahraga bersama itu dapat dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, dilandasi semangat ketulusan dan kebersamaan. Olahraga bersama, menurut dia, bertujuan untuk memelihara kesehatan dan kebugaran jasmani, sekaligus sebagai media untuk menjalin komunikasi yang harmonis untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan sesama komponen bangsa. “Dengan demikian dapat tercipta kesamaan persepsi, langkah dan tindakan, untuk mewujudkan kondisi keamanan yang kondusif,” kata Mayjen TNI Cucu.

Pangdam mengatakan, apel bersama itu sebagai wujud nyata bahwa TNI/Polri bersama Pemkot Medan dalam melaksanakan tugasnya secara profesional terlebih lagi saat menjelang pilkada tetap menjaga netralitas dan kondusivitas di lapangan. “Kemudian, hindari pelanggaran narkoba yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga,” kata mantan Kepala Staf (Kastaf) Kostrad itu. Dalam kegiatan apel bersama tersebut, dilaksanakan kegiatan olahraga bersama, yakni bola naga, kursi panas, memindahkan bola, hoola hoop, water estafet, tongkat estafet, serta menjinakkan dan memindahkan bom. Pangdam I/BB bersama Kapolda Sumut dan Wali kota Medan Dzulmi Eldin menyerahkan hadiah doorprize 1 unit sepeda motor kepada Peltu Nyak Iwan dari Zidam I/BB. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *