100 Prajurit TNI Ikuti Penataran Kemampuan Teritorial

CB, Palembang – Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., membuka secara resmi kegiatan penataran kemampuan Teritorial Tersebar Mabes TNI tahun 2018 yang digelar Kodam II/Swj, Senin (26/3/2018), bertempat di Gedung Balai Prajurit, Benteng Kuto Besak (BKB) Jalan Sekanak Palembang.

Kegiatan penataran teritorial tersebar ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 26 sampai dengan 29 Maret 2018 dan diikuti sebanyak 100 prajurit TNI dari tiga matra, baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang berada di wilayah Garnizun Palembang.

Tema yang diusung dalam penataran kemampuan teritorial kali ini adalah “Melalui Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar TA. 2018, Kita Jaga Komitmen Netralitas TNI dan Kemanunggalan Aparatur Teritorial Sat Kowil TNI Dengan Rakyat”.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., mengatakan bahwa penyelenggaraan penataran kemampuan teritorial tersebar ini merupakan salah satu upaya pimpinan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kemampuan Aparat Teritorial (Apter) TNI dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Menurut Mayjen TNI AM.Putranto, kegiatan penataran yang diselenggarakan penting dilakukan mengingat tugas satuan Komando Kewilayahan TNI tidak akan pernah terlepas dan selalu akan dipengaruhi oleh kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang harus tetap diperjuangkan untuk dijadikan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dan mantap dengan didukung oleh seluruh kekuatan sosial, sehingga terbentuk pola pertahanan negara yang defensif strategis.

Dalam penataran ini para peserta akan dibekali dengan materi tentang Netralitas TNI, pemanfaatan media sosial (medsos), serbuan teritorial, sikap teritorial, ketatalaksanaan Binter dan lima kemampuan teritorial, sikap yang diberikan oleh pembimbing/penatar diantaranya Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo, Kapendam II/Swj Letkol Inf Choiril Anwar, Kapten Inf Hermanto, Kapten Inf Rusman, Kapten Inf Widodo dan Lettu Inf Pringgo. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *