PT CROWDE MEMBANGUN BANGSA

CROWDE–P2P Lending untuk Permodalan Petani
Kemudahan memodali petani di smartphone
Dapat diunduh di Playstore untuk perangkat Android

CB, SURABAYA – Lahan pertanian di Jawa Timur mengalami penyusutan yang signifikan setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2013 penyusutan lahan tersebut mencapai 1081 ha. Gencarnya pembangunan perumahan yang mencapai 1.400 ha setiap tahunnya menjadi penyebab utama konversi lahan pertanian. Jika tidak ditangani dengan serius, Jawa Timur akan mengalami banyak kerugian dalam perekonomian seperti kekurangan stok pangan, terutama pada komoditas beras. Alih fungsi lahan juga membuat petani kehilangan mata pencaharian dan banyak yang memilih untuk beralih profesi, yang juga berkontribusi terhadap tingginya angka urbanisasi dan pengangguran di kota.

Data Dinas Pertanian Jatim yang mengacu data neraca lahan yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan (BPN) setiap tiga tahun sekali menunjukkan bahwa setiap tahun lahan pertanian di Jatim yang beralih fungsi sebagai perumahan saja rata-rata mencapai 1.400 ha atau dalam sebulan lahan berkurang sekitat 117 ha untuk perumahan. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Jawa Timur akan mengalami masalah pengangguran dan krisis pangan yang serius.

Menyadari hal ini, pemerintah provinsi Jawa Timur melalui peraturan daerah tentang tata ruang menetapkan lahan pertanian berkelanjutan seluas 1.017.596 hektare (ha) untuk terus mencegah adanya konversi lahan lanjutan. Dengan harapan, kedepannya lahan pertanian yang masih ada akan tetap peruntukannya dan memunculkan lahan-lahan pertanian baru.

Kini telah hadir CROWDE – P2P Lending untuk Permodalan Petani, sebuah aplikasi mobile yang memudahkan Teman CROWDE untuk mulai memodali, memilih dan memantau proyek petani, hingga memperoleh return. Aplikasi ini diperuntukan bagi teman CROWDE yang ingin mengakses secara langsung proyek yang akan dimodali atau yang sedang berjalan, di mana pun dan kapanpun.

Dengan skema crowd lending, CROWDE menjadi wadah bagi para pemodal untuk bergotong royong membantu petani Indonesia. Melaui aplikasi mobile CROWDE – Permodalan Petani, seluruh Teman CROWDE dapat melakukan registrasi, memilih proyek tani yang ingin diberi modal, menghitung proyeksi keuntungan dari proyek tani bersangkutan, melakukan transaksi secara langsung, hingga mengawasi berjalannya proyek tersebut melalui laporan yang dikirim secara berkala oleh CROWDE. Teman CROWDE yang telah mengunduh aplikasi CROWDE – Permodalan Petani pada Playstore dapat melihat status proyek tani yang dimodali serta mendapatkan notifikasi yang akan selalu update.

Teman CROWDE bisa mulai memberikan modal dari Rp10ribu (tanpa kelipatan) pada berbagai proyek petani yang terdaftar di aplikasi CROWDE – Permodalan Petani. Aplikasi ini memudahkan Teman CROWDE untuk bertransaksi secara langsung dan mengawasi setiap proyek yang dimodali di mana pun dan kapanpun. CROWDE sangat cocok bagi siapapun yang ingin belajar memberikan modal sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia.

Aplikasi CROWDE – Permodalan Petani dapat diunduh secara gratis di Playstore untuk pengguna perangkat Android di Indonesia dan dapat dinikmati oleh pengguna perangkat Apple di App Store pada bulan Oktober 2018.

Silakan kunjungi www.crowde.co untuk informasi lebih lanjut atau unduh media kit di http://bit.ly/appcrowde.(bud)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *