Kasi Pers Korem 084/BJ: Pancasila Adalah Jiwa Besar Para Founding Fathers

CB, Surabaya – Secara serentak, seluruh satuan di wilayah teritorial Kodam V/Brawijaya, menggelar upacara hari kelahiran Pancasila. Tanpa terkecuali, di wilayah Makorem 084/Bhaskara Jaya.

Melalui upacara peringatan itu, Kasi Pers Korem 084/BJ selaku inspektur upacara pada peringatan Hari lahir pancasila di Makorem menyampaikan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 lalu, sesuai yang dipidatokan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

“Pancasila adalah jiwa besar para Foundhing Fathers, para Ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara,” kata Letkol Arm Soegeng Budiarto melalui amanat Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakannya. Jumat, 1 Juni 2018 di lapangan Makorem Bhaskara Jaya.

Untuk itu, lanjut Kasi Pers, sebagai bangsa yang majemuk, semangat persatuan dan kesatuan, dinilai menjadi pilar utama dalam memperkuat semangat Bhineka Tunggal Ika.

“Seringkali, kemajemukan ini dibayangi-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak bersatuan dan ketidak gotong-royongan. Saatnya, kita berbagai pengalaman dalam berbhineka tunggal ika,” pinta Kasi Pers.

Dirinya berharap, melalui upacara peringatan hari kelahiran Pancasila kali ini, seluruh masyarakat Indonesia, dapat memacu dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Marilah, kita terus amalkan warisan mulia Founding Fathers ini untuk kemajuan Bangsa dan sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” pinta Letkol Arm Soegeng.(yudi)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *