Serunya Berwisata Di Kota Tempat RA Kartini Berjuang, REMBANG

CB, Rembang – Meski lahir di Jepara, perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini banyak dilakukan di Rembang. Museum Kartini pun ada ditempat ini. Dengan alasan itu, Rembang menjadi lokasi yang tepat untuk mengisi #PesonaMudik2018. Terlebih, Rembang juga memiliki #PesonaDestinasiLebaran2018 yang indah.

Secara geografis, Rembang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lokasi tepatnya ada di pesisir pantai utara Jawa.

“Menyebut Rembang, pikiran kita pasti akan mengingat Raden Ajeng Kartini. Beliau menorehkan tinta emas dalam sejarah Indonesia dengan publikasi ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (1/6).

Namun, Rembang tidak hanya identik dengan RA Kartini. Banyak destinasi menarik bagi mereka yang mau melewatkan waktu libur. “Ada banyak tempat menarik yang sayang untuk Anda Lewatkan. Mulai wisata sejarah,religi, hingga wisata alam lengkap tersaji di sini. Ayo ke Rembang,” Menpar Arief mengajak.

Kalau tujuan mudik kamu ke Rembang, ayo terima ajakan Menpar Arief mengeksplorasi pariwisata Rembang. Agar kamu tak bingung, berikut ulasan #10TopDestinasiLebaran2018 Rembang terbaik.

1. Makam RA Kartini

Siapa yang tak kenal dengan pahlawan pejuang emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini. Tanggal kelahirannya,21 April, selalu diperingati sebagai hari Kartini.

RA Kartini lahir di Jepara tahun 1879, dan meninggal dunia di Rembang pada 17 September 1904. Hingga kini makan RA Kartini yang ada desa Bulu Kecamatan Bulu selalu ramai dengan peziarah.

Makam Kartini berada di sebuah bukit tepat di belakang kantor Kecamatan Bulu. Makam RA Kartini menjadi salah satu destinasi ziarah wajib bagi para wisatawan yang datang ke Rembang

2. Museum Kamar Pengabdian RA Kartini

Untuk lebih mengenal sosok pejuang emansipasi wanita RA Kartini, ada museum Kartini yang wajib dikunjungi oleh siapa saja yang singgah ke kota Rembang.

Di Museum Kamar Pengabdian RA Kartini ini, pengunjung dapat mengenang perjuangan RA Kartini dalam menyetarakan kedudukan kaum wanita.

Museum ini menempati sebagian rumah dinas Bupati Rembang yang berada di Jalan Gatot Subroto No.8. Lokasinya yang berada di pusat kota Rembang membuat museum ini wajib anda kunjungi bersama keluarga untuk menalar sejarah.

3. Petilasan Sunan Bonang

Sunan Bonang yang dikenal dengan nama asli Raden Makdum Ibrahim merupakan satu dari sembilan wali yang berperan aktif menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

Banyak peninggalan sejarah yang hingga kini masih terus dilestarikan sebagai saksi sejarah penyebaran agama Islam di Rembang Jawa Tengah.

Di Petilasan Sunan Bonang ini terdapat sebuah Omah Gede (Rumah Besar) yang sekarang digunakan sebagai masjid. Ada pula bende becak atau disebut juga dengan bende Bonang yaitu sebuah gamelan milik Sunan Bonang yang digunakan sebagai media dakwah dalam menyebarkan agama Islam.

4. Wisata Sejarah Lasem

Lasem merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa tengah. Lasem terkenal sebagai Tiongkok Kecil atau Little China.

Julukan ini diberikan karena Lasem menjadi salah satu tempat bersejarah bagi awal tujuan mendaratnya masyarakat Tionghoa di Pulau Jawa pada abad ke 14 hingga 15.

Jejak-jejak sejarah Kota Lasem ini hingga sekarang masih dapat dilacak dari peninggalan berbagai macam bangunan jaman dulu yang masih terjaga keasliannya.

5. Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang atau biasa disebut dengan Pantai Kartini merupakan satu dari sekian banyak wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rembang.

Lokasi tempat wisata pantai di Rembang ini sangat strategis, karena terletak di jantung Kota Rembang, tepatnya di sebelah timur kantor pemerintahan kabupaten Rembang.

Tak hanya dapat menikmati deburan ombak, disini kamu juga dapat mencoba berbagai permainan menantang seperti flying fox, membebaskan anak-anak bermain di taman bermain anak, juga dapat naik perahu wisata.

Di sekitar pantai juga terdapat sebuah jangkar tua raksasa yag merupakan milik tokoh legendaris asal Rembang, Dampo Awang

6. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe berada di Desa Punjulharjo, Rembang Jawa Tengah. Nama pantai Karang Jahe diambil karena disekitar pantai terdapat banyak serpihan batu karang yang berbentuk seperti jahe.

Pantainya berpasir putih bersih dan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadi lokasi yang pas untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

7. Pulau Karang Gosong

Pulau Karang Gosong merupakan sebuah pulau yang terletak di perairan Laut Jawa di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Pulau ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari bibir pantai Desa Bonang.

Pulau ini mempunyai panorama dalam laut yang menawan. Ikan-ikan karang yang berlalu lalang di dalam laut bisa dengan jelas terlihat dari atas perahu.

Mudahnya melihat ikan yang lalu lalang ini karena air di Pulau Karang Gosong sangatlah jernih dengan kedalaman yang tak lebih dari dua meter.

8. Pantai Jatisari

Masih soal wisata air, Pantai Jatisari juga bisa menjadi pilihan destinasi tepat menghabiskan waktu mudik di Rembang.

Berada di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang Jawa Tengah, pantai Jatisari menawarkan keindahan pasir putih dibentengi bebatuan indah yang semakin merelaksasi siapa saja yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai biasanya digunakan oleh masyarakat setempat sebagai spot favourite menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

9. Hutan Mangrove Pasarpanggi

Ada bibir pantai pasti ada hutan Mangrove yang siap menjaga ekosistem alam. Di Desa Pasarpanggi Kecamatan Rembang terdapat sekerumunan pohon Mangrove yang kini sudah menjadi salah satu tujuan wisata di Rembang.

Disini kamu bisa menikmati sejuknya suasana hutan mangrove sambil menapaki jembatan kayu yang membentang sepajang hutan mangrove sambil berswafoto.

10. Puncak Argopuro

Tempat yang satu ini sangat cocok bagi anda para penggila selfie. Meski Rembang merupakan kota pesisir, namun Anda bisa menikmati suasana pegunungan dengan datang ke Puncak Argopuro. Dari Puncak Argopuro Anda bisa berfoto dengan latar belakang hijaunya hutan dan indahnya alam perbukitan. (Ertin Primawati)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *