Begitu Terjalin Sangat Berbeda Nasib Guru-Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi di Kabupaten Sumenep

CB, SUMENEP – Guru sertifikasi dan non sertifikasi sesungguhnya tidak ada perbedaan, hanya saja yang membedakan adalah pembagian hak guru yang bebeda berupa tunjangan sertifikasi dan tunjangan non sertifkasi, Bagi guru dan dosen yang sudah sarjana menurut undang-undang pendidikam no. 14, berhak mendapat tunjangan sertifikasi, Namun pada kenyataannya banyaklah guru-guru sarjana tersebut tidak dapat haknya tersebut, bahkan saat ini guru-guru sarjana yang tidak mendapatkan haknya itu digolongkan sebagai guru non sertifikasi. Pada hal notabennya secara implisit guru-guru tersebut menjalankan tugasnya tidak ada bedanya dengan guru sertifikasi, khususnya guru-guru PNS yang ada dilingkungan Diknas.

Sungguh sangat ironis, tepat menjelang hari raya idul fitri guru sertifikasi dan non sertifikasi mulai melakukan kesibukan untuk mengisi formulir dan penandatanganan untuk mendapat tunjangan tersebut. Karena mulai sejak itulah pembagian tunjangan sertifikasi dan non sertifikasi mulai dilimpahkan pada Bank BPRS khusunya di Sumenep.

Guru-guru bersertifikasi mulai kelihatan segar pada bulan ramadhan ini karena segera akan menikmatinya. Namun ironis sekali justru guru-guru non sertifikasi di kabupaten Sumenep sampai berita ini diturunkan menurut salah seorang guru SDN Sumenep belum di cairkan.

Dengan nada yang sangat menyesal guru tersebut seraya menuturkan kekecewaannya pada Dinas Pendidikan Sumenep sebagai berikut, ” saya sudah bertahun-tahun bekerja dan mengabdi sebagai roda pembentuk karakter anak bangsa, tapi saat ini saya sepertinya di anak tirikan, sudah tidak mendapat hak saya sebagai guru bersetifikasi malah saya di golongkan pada guru non sertifikasi, Dan saya bolak balik ke Bank BPRS Sunenep menanyakan tunjangan non sertifikasi apakah sudah cair? Padahal hari raya sudah dekat. Ternyata sampai hari ini tak kunjung di cairkan, dengan tutur guru tersebut sebenarnya ada apa dengan DIKNAS Sumenep? Kami media Cahaya Baru, dalam waktu dekat akan mengadakan klarifikasi dengan pihak yang terkait dilingkingan dinas tersebut. (nay)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *