Wabup Tanbu Pantau Korban Banjir Satui

CB, BATULICIN – Guna memastikan para pengungsi banjir di Kecamatan Satui telah mendapatkan bantuan logistik serta menempati lokasi penampungan yang layak, Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor melakukan pemantauan Posko Penampungan Pengungsi di sejumlah tempat, Sabtu (30/6/2018) pagi.

Meninjau korban banjir dilakukan dalam rangka memastikan penyaluran logistik aman dan lancar. Selain itu juga untuk memastikan agar para korban banjir terlayani dengan baik selama di posko pengungsian.

Kedatangan Wabup H. Sudian Noor disambut oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Muhammad Alpiya , Anggota DPRD Tanbu,Danramil Satui,Kapolsek Satui, Camat Satui, jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, Dinas Sosial Tanbu, Dinas Kesehatan Tanbu, Pemerintah Kecamatan Satui, Koramil dan Polsek Satui, Pemerintah Desa, dan pihak terkait lainnya.

Pada saat meninjau tempat penyimpanan logistik, Wabup Tanbu meminta kepada petugas untuk segera mendata jumlah fasilitas umum yang rusak, serta mendata sejumlah rumah yang kena dampak banjir.Wabup juga berharap peran aktif dari pemerintah desa yang terkena banjir untuk selalu berkoordinasi dengan tim posko terpadu yang berada di Koramil Satui agar penangangan banjir tetap terpantau.

Tidak hanya itu, Wabup juga mengintruksikan agar petugas dapat menjemput warga yang membutuhkan pertolongan untuk evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Selain meninjau posko pengungsian, Wabup H. Sudian Noor juga meninjau kelokasi banjir, fasilitas umum, sarana pendidikan dan rumah warga yang terendam banjir.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni mengatakan, Sejak tanggal 28 Juni 2018, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu telah menurunkan tim kesiapsiagaan bencana (TAGANA) untuk membantu korban banjir Satui. Selain berjaga di posko banjir, Tagana bersama TKSK Satui juga mendirikan dapur umum yang bertempat di belakang koramil Satui untuk membantu akomodasi korban bencana banjir.

“Kita sudah mendirikan dapur umum untuk melayani para pengungsi yang terkena banjir,” ujar Basuni, Hingga hari ini, bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu terus berdatangan. Seperti bantuan bahan kebutuhan pokok dari BPBD Tanbu berupa selimut, beras, minyak, mie instan, makanan kaleng, the, gula, susu, ikan kaleng, air mineral, dan lainnya.

Tidak hanya dari Pemerintah Daerah saja, bantuan juga terus berdatangan dari pihak perusahaan yang ada di Tanah Bumbu, dan batuan atas nama pribadi.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para korban banjir, telah disiagakan ratusan personil penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Satui yang terdiri Pemerintah Kecamatan Satui, Polsek, Koramil, Kodim, BPBD, Tagana, Orari, Polairut, TNI AL, Puskesmas, Karang Taruna, Pramuka, LSM, dan PMI.
Adapun desa yang terendam banjir yaitu Desa Satui Timur,Desa Satui Barat, Desa Sejahtera Mulia, Desa Sinar Bulan, Desa Jombang, Desa Sungai Danau, dan Setarap. (Jhon/Rel/MC.Tanbu)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *