40 Caleg Kabupaten Gresik Jalani Tes Urine

CB, Gresik – Sebanyak 40 calon legislatif (caleg) di Kabupaten Gresik mengurus surat keterangan bebas narkoba (SKBN) di BNNK Gresik. Ya, bersih dari narkoba merupakan salah satu syarat yang harus dipatuhi calon wakil rakyat.

Mereka harus membuktikan tubuhnya bersih dari narkoba melalui test urine. Salah satu lembaga Negara yang dapat mengeluarkan surat tersebut yakni BNN.

Dokter BNNK Yoyon, mengatakan beberapa hari belakangan ini puluhan warga yang mengaku tes urine untuk pencalonan legislatif berdatangan.

“Total ada 40 caleg tes urine di BNNK Gresik. 1 warga pencalonan ada yang konsumsi  obat ketika di tes keluar kokain di tes pack, ternyata habis minum obat amoxcilin obat antibiotik untuk mengobati luka dikarenakan habis jatuh,” katanya.

Lanjut Yoyon, dari hasil pemeriksaan urine para caleg, sejauh ini belum ada terindikasi positif narkoba. “Belum ada, semua negatif,” tuturnya.

Pihaknya menjamin bahwa pelayanan tes urine di BNN tak dipungut biaya. Warga termasuk caleg hanya datang membawa test kit masing-masing. Alat identifikasi urine tersebut dijual di apotik-apotik. BNN tak menjual alat tersebut.

“SKBN sebagai salah satu syarat mereka dalam pencalonan yang ditetapkan KPU,” jelasnya.

Khusus caleg, diwajibkan menggunakan test kit dengan parameter 6 standar nasional. Alat tersebut dapat mendeteksi seluruh zat yang mengandung Narkoba, termasuk obat medis terlarang tanpa resep dokter.

“Saya tekankan. Untuk mendapatkan SKBN tak dipungut biaya. Hanya saja mengikuti aturan yang berlaku,” sambungnya. (yud)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *