Kampung Dolly untuk Dunia

CB, SURABAYA – Warga Putat Jaya c timur ( dulu eks lokalisasi dolly)semakin merubah wajah, untuk tampil lebih baik di mata masyarakat. Salah satunya melakukan terobosan membangun kompetensi sumber daya manusianya. Tidak hanya di bidang ekonomi.

Melalui gagasan “Kampung Inggris Dolly atau yang dikenal kampung inggris Surabaya bersama universitas Dr.soetomo memberikan pendidikan edukasi pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi warganya.

“ Melalui pendidkan bahasa, kita bisa membangun daya potensi wisata dan perekonomian warga secara sendirinya akan meningkat”. Ujar Wahyu Cahyonegoro, warga RT 3 RW 12 selaku  penggagas konsep Kampung Inggris dolly.Cahyo menambahkan, tak heran nantinya jika nanti Putat Jaya menjadi jujugan wisata lokal Surabaya dengan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara.  Di kampung ini akan ada simbiosis mutualisme, yakni wisatawan,seniman, budayawan bisa memberi kontribusi ilmu pengetahuan dan bisa pentas diantara sudut – sudut Kampung. Sementara warga bisa menyerap ilmu mereka.

” kita ingin membangun peradaban baru untuk membangun stigma yang selama ini tentang dolly” ujar warga RT 3 tersebut.

Dengan kampung inggris warga selain terangsang untuk belajar tapi juga mengena pemberdayaan akhlaknya. ” jika dulu ada tiga ribu lelaki hidung belang kesini, kedepan kami bercita cita ada tiga ribu bahkan lebih tamu datang untuk belajar bahasa inggris, dan itupun bisa sepanjang hari tak terbatas malam hari seperti saat dolly masih beroperasi” tutur Ngadiman ketua RW 12, Putar Jaya C Timur.

Konsep ini didukung oleh sejumlah kampus di Jawa timur, salah satunya adalah kalangan akademisi Unitomo. ” ini benar benar menjadi cahaya baru bagi masyarakat dolly atau putat jaya c timur” kata Victor dosen FKIP Unitomo.

Konsep lain yang ditawarkan adalah kampung Inggris menjadi ajang panggung orasi bagi para seniman dunia. Untuk saat ini sejumlah wisawtan dari berbagai negara, salah satunya adalah Fradela wisatawan asal Amerika. “I’m very happy join and share with people at dolly english club( saya senang bisa ikut terlibat sekaligus berbagi ilmu pada warga” ujar bule tampan tersebut.

 

Budaya Kampung inggris, nantinya juga menjadi ajang kebangkitan budaya budaya tanah air atau konsep perdikan ( merdeka dalam bahasa Sansekerta), yag kini sudah tenggelam. Seperti pagelaran sejarah dan budaya Ujung Galuh ( nama wilayah Surabaya). (yudi)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *