SMKS DDI Batulicin Menampung 5 Siswa CLC Sabah Malaysia PPDB 2018

CB, TANAHBUMBU – SMKS DDI Batulicin (Darud Da’wah Wal-Irsyad) yang merupakan salah satu SMK swasta di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan  turut mengakomodir lima orang siswa dari CLC Sabah Malaysia (Community Learning Centre) yang merupakan anak-anak TKI yang bekerja di perkebunan sawit Sabah, Malaysia. Para siswa dari CLC Sabah tersebut berjumlah total 59 orang yang mengikuti program Indonesia Memanggil SMA Kalsel, yang tersebar di 8 SMK yaitu

  1. SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu
  2. SMKS Kodeko Tanah Bumbu
  3. SMKS DDI Tanah Bumbu
  4. SMKN 2 Satui Tanah Bumbu
  5. SMKN Bati-Bati Tanah Laut
  6. SMKN 1 Martapura Banjar
  7. SMKN 2 Marabahan
  8. SMKN Murung Pudak Tabalong

Ketua MKKS SMK Tanbu, Ribut Giyono, S.Pd.MM mengatakan bahwa pada beberapa tahun yang lalu hanya 1 SMK saja yang mengamodir para siswa dari SIKK (Sekolah Indonesia Kota Kinabalu), yaitu SMKN 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Pada tahun 2018 ini ada 8 SMK yang tergugah untuk menerima para siswa dari anak-anak TKI Malaysia tersebut mengingat anak-anak tersebut mendapat perlakuan diskriminatif di Sabah Malaysia, karena mereka sulit untuk meneruskan pendidikan ke SLTA di Sabah.

Kepala SMKS DDI Batulicin, Syamsul, S.Pdi kepada media ini menuturkan bahwa Yayasan SMKS DDI Batulicin merasa terpanggil untuk berpartisipasi menerima anak-anak dari TKI Malaysia tersebut melalui program Indonesia Memanggil. Syamsul mengharapkan kelak anak-anak TKI Malaysia yang merupakan anak-anak Indonesia yang lahir di Sabah Malaysia begitu mereka selesai menuntut ilmu di SMKS DDI Batulicin diharapkan dapat meneruskan pendidikan ke Universitas di Indonesia. Mereka adalah generasi penerus harapan bangsa kita, ungkapnya. (Jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *