Stok Beras di Jatim Aman

CB, SURABAYA – Kepala Perum Bulog Divre Jatim Muhammad Hasyim memastikan stok beras di Jatim aman hingga akhir tahun. Hasyim menjelaskan, saat ini stok beras yang ada di Bulog Jatim sekitar 560 ribu ton. Sementara penyaluran perbulannya hanya sekitar 20 ribu ton.

“Kalau stok di Jatim sekarang saat ini ada sekitar 560 ribu ton. Itu sangat aman ya karena karena penyaluran di jatim itu saat ini kan hanya 20 ribu per bulan bahkan kadang-kadang juga di bawah itu,” kata Hasyim .
Hasyim menegaskan, stok yang ada saat ini sangat mampu memenuhi kebutuhan beras di Jatim hingga akhir tahun. Bahkan, meskipun Bulog Jatim menjadi penyuplai beras bagi daerah-daerah lainnya. tidak memungkiri adanya penurunan serapan beras dari petani mengingat adanya musim kemarau yang berkepanjangan. Menurutnya, penurunan serapan per harinya bisa turun sampai 50 persen bahkan lebih.

“Kalau saat kemarau ini memang ada penurunan serapan. Itu kan biasanya kami dapat itu sekitar 2000 ton per hari. Kalau saat kemarau ini cuma 1000 ton per hari bahkan kadang juga di bawah itu,” ujar Hasyim.

Penurunan penyerapan terjadi tidak saja karena berkurangnya hasil panen petani. Tetapi juga karena bulog tetap mengutamakan kualitas. Artinya, sekalipun jumlahnya di petani banyak, kalau kualitas kurang bagus, tetap tidak bisa diserap.
“Tapi kan sebenernya yang banyak mempengaruhi pemasukan beras di bulog itu adalah harga dan kualitas barang. Jadi artinya kalau kualitasmya kurang cocok kan sulit masuk ke bulog itu. Sekalipun barangnya ada kalau kualitasnya gak pas ya kan gak masuk.(er)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *