KRI Teluk Bintuni-520 Dukung Satgas Sail Moyo Tambora

CB, SURABAYA – Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI Angkatan Laut, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Ketua Umum Saka Bahari secara resmi melepas pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Sail Moyo Tambora 2018 dan Satgas Pelantara ke-8 yang diikuti 532 siswa Saka Bahari dan siswa Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, dengan KRI Teluk Bintuni-520 yang dikomandani Mayor Laut (P) Suroto, M.Tr. (Hanla)., bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Rabu, (29/08/2018).

Dalam amanat Kasal menyampaikan bahwa, “Satgas Sail Moyo Tambora Tahun 2018 ini, meliputi Satgas Bhakti Sosial Surya Baskara Jaya (SBJ) ke-67 dan Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-8 merupakan program tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wilayah pesisir dengan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, serta menambah wawasan kecintaan generasi muda akan jiwa bahari terhadap kekayaan laut Indonesia. Program ini akan dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya”, ungkap Kasal.

Selanjutnya, Satgas Pelantara ke-8, Kasal mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan pelayaran yang dilaksanakan oleh para generasi muda seperti Saka Bahari, Bela Negara Kemhan, Putra-Putri Maritim Indonesia, serta personel TNI AL yang didalamnya akan melakukan kegiatan kunjungan ke pejabat daerah, bersih-bersih pantai dan tempat ibadah, kegiatan pentas seni dan penyuluhan wawasan kebangsaan serta kegiatan perkemahan di pulau-pulau yang disinggahi di Kabupaten Sumbawa, NTB.

Selama mengikuti kegiatan Pelantara-8 yang dipimpin oleh Dansatgas Pelantara-8, Kasubdis Binpuan Dispotmar TNI AL Kolonel Laut (P) Sukrisno, S.E., M.Si., para siswa Saka Bahari berlangsung selama 15 hari akan melaksanakan peresmian Monumen Pelantara – 8 Sail Moyo Tambora 2018 oleh TNI AL. Kasal berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengambil manfaat sebesar-besarya. Manfaatkan event atau kegiatan ini dan waktu yang ada untuk mengisi diri dalam bidang kelautan dan kemaritiman.

Hadir dalam acara tersebut, Dankodikopsla Kodiklatal, KS Guspurla Koarmada II, Aspotmar Pangkoarmada II, Asintel Pangkoarmada II, Wadan Lantamal V, Asops Kasgartap III/Surabaya, Paban V Spotmar dan Paban IV Sopsal Mabesal, Kadishub Prov. Jatim, Kasubdis Psitek Dispsial, Kapokli Rumkital dr. Ramelan,  Direktur Polimarin, Direktur Bela Negara Kemhan, serta undangan lainnya.(yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *