Keskostrad Beri Penyuluhan Penyakit Hepatitis B Kepada Prajurit Satjar Divif 3 KOSTRAD

CB – Kesehatan Kostrad di pimpin Letkol  Ckm dr. Ahmad Zumaro, M.Si.Med., Spb-KBD memberikan penyuluhan tentang penyakit hepatitis B kepada prajurit jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad  di gedung Sapta Marga Brigif Para Raider 3/TBS,m Jumat (7/9/2018).

Acara penyuluhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesi Raya dilanjutkan sambutan dari Aspers Kasdivif 3 Letkol Inf Iwan Setiawan kemudian pengarahan oleh Kakeskostrad dan terakhir penyuluhan tentang Hepatitis dan dampak terhadap penderitanya dengan pembawa materi Dokter Umum Polma Kostrad, dr. Toetik Mariati Endang Nurava.

“Dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, diharapkan kepada seluruh prajurit jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad dapat mengerti dan memahami tentang bahayanya penyakit Hepatitis, sehingga kita semua dapat terhindar dari penyakit yang membahayakan itu” tegas Kakeskostrad.

Selain Penyuluhan oleh Kakeskostrad,  dr. Toetik mengatakan dalam penyuluhannya,  Hepatitis berarti peradangan atau pembengkakan liver atau hati. Hepatitis adalah penyakit berbahaya karena menyerang hati, yang merupakan organ penting dengan ratusan fungsi.  Ada lima virus penyebab hepatitis, yang diberi nama hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Walaupun kelima virus tersebut dapat menghasilkan gejala yang mirip dan memiliki efek yang sama, masing-masing memiliki keunikan dalam cara penularan dan dampaknya terhadap kesehatan.

Lebih lanjut dr. Toetik Mariati Endang Nurava memaparkan,  Kerusakan pada hati juga dapat mengurangi pembuatan cairan empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan yang baik dan mengurangi kemampuan hati untuk menyimpan dan menguraikan bahan nutrisi yang dibutuhkan untuk hidup. Dampak lain dari hati yang rusak temasuk ketidakmampuan untuk menyaring racun dari aliran darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan bahkan koma.

Setelah acara penyuluhan selesai dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Vaksin Hepatitis B dari Kakeskostrad kepada Aspers Kasdivif 3 dilanjutkan vaksinasi kepada prajurit yang hadir pada acara penyuluhan tersebut. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *