Porkab Banyuwangi Pertama Resmi Digelar

CB, Banyuwangi – Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Kabupaten Banyuwangi menggelar kejuaraan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) tahun 2018, Sabtu (9/9/2018). Pesta olahraga yang diikuti 5.000 atlit ini mempertandingkan 33 cabang olahraga (cabor), digelar dari 9 hingga 15 September 2018. Porkab secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Minggu (9/9).

Yusuf mengatakan, gelaran porkab ini memang baru pertama kali digelar Banyuwangi yang diharapkan menjadi motor pencarian bibit-bibit atlet yang diharapkan bisa memperkuat Kabupaten Banyuwangi di event yang lebih tinggi tingkatannya.

“Semangatnya kita harus menciptakan atlet potensial yang bisa membawa harum nama Banyuwangi dikancah nasional maupun internasional. Lewat event ini, kita berharap mutu dan kualitas atlit meningkat, untuk menghadapi lomba yang lebih tinggi jenjangnya,” ungkap Yusuf Widiatmoko. Para pemenang dari Porkab tersebut, lanjut Yusuf, bakal diproyeksikan untuk mengikuti ajang pekan olahraga di tingkat provinsi (Porprov) yang dihelat tahun depan.

“Pemenang dari Porkab ini, akan dibawa ke Porprov tahun depan,” ujarnya. Dimana, Porprov kali ini akan digelar di empat kabupaten, Gresik, Tuban, Lamongan dan Bojonegoro. Selain itu, Yusuf Widiyatmoko berharap, ajang Porkab ini tidak semata menjadi adu prestasi. Namun, bisa juga menjadi sarana membangun karakter bangsa untuk menjadi lebih baik.

“Olahraga harus bisa menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat persatuan semasa anak bangsa di Banyuwangi,” tegasnya. Sementara itu, Sekretaris Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Banyuwangi Mukayin menyebutkan ada 33 cabang olahraga yang diperlombakan.

“10 di antaranya adalah cabang eksebisi. Karena kurang dari 5 kecamatan yang bisa mengirim atlitnya,” terangnya. 33 Cabang Olahraga yang diperlombakan pada Porkab kali ini antara lain: catur, anggar, gulat, judo, tarung drajat, kempo, petanque, bridge, taekwondo, muaythai, wushu, panjat tebing, hockey, sepak takraw, pencak silat, sepatu roda, tenis meja, panahan, bulu tangkis, sepakbola, dayung, karate, drumband, senam, selam, renang, balap sepeda, bola voley, atletik, tenis, dan angkat besi. Venue pertandingan sendiri tersebar di beberapa kecamatan.

Mulai dari Genteng, Cluring, Tegaldlimo dan Banyuwangi Kota. “Pusatnya ada di GOR Banyuwangi,” imbuhnya.

Mukayin juga berharap, masyarakat luas untuk datang ke venue Porkab guna memberikan dukungan dan melihat perkembangan olahraga di Banyuwangi. “Porkab ini berlangsung hingga tanggal 15 September besok,” pungkasnya. (Imm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *