Fatma Saifullah Yusuf Apresiasi Rotary Club Of Surabaya Kaliasin Kampayekan Deteksi Dini Kanker Payudara

CB, SURABAYA – Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita Prov. Jatim Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf memberi apresiasi kepada Rotary Club Of Surabaya Kaliasin yang telah membantu pemerintah dalam mengkampayekan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat menghadiri acara Workshop Merajut Cinta Dalam Pita Pink bersama komunitas merajut Surabaya di Lenmarc Surabaya, Sabtu (6/10).

Ia mengatakan, sebagai kaum perempuan hendaknya lebih memiliki kepekaan terhadap berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah kanker payudara. Deteksi dini lanjutnya, harus dilakukan oleh perempuan agar penyakit seperti kanker payudara bisa dicegah. Oleh karenanya, Fatma menghimbau agar perempuan Indonesia khususnya Jatim untuk senantiasa memeriksakan kanker payudara di rumah sakit atau dokter.

Bedasarkan data yang ada, penderita kanker payudara sudah terdapat di usia muda, terutama pada bangku Sekolah Menengah Umum (SMU). “Data yang ada ini sungguh sangat memprihatinkan, karena generasi muda juga sudah banyak yang terkena penyakit ini,” ujarnya.

Fatma yang merupakan istri dari Wagub Jatim itu, berharap agar kegiatan seminar ini dapat memberikan informasi maupun pengetahuan kepada perempuan agar lebih bisa mendeteksi terhadap bahaya dari kanker payudara. “Kanker Payudara ini juga harus di ketahui oleh kaum laki laki agar mereka dapat memperoleh pengetahuan cara mendeteksi dini hingga solusi jika ada keluarga, teman, sahabat, masyarakat sekitar atau orang-orang yang disayanginya terkena penyakit ini,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Fatma juga menyampaikan bahwa BKOW Provinsi Jawa Timur juga ikut peduli dengan kesehatan kaum perempuan dan akan mengadakan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan papsmear pada tanggal 9 Oktober 2018.

Diharapkan, melalui papsmear tersebut dapat memeriksa kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina pada perempuan sehingga dapat mendeteksi ┬ásel sel yang bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker. “Semoga kegiatan kita nanti dapat memberi manfaat kesehatan bagi kaum perempuan,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan oleh para undangan.Sebelumnya, Presiden Rotary Club of Surabaya Kaliasin Dian Kyriss menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu semangat kami dalam menyuarakan pentingnya deteksi dini dari kanker payudara terutama kepada remaja, perempuan dan kaum ibu. “Semoga kegiatan ini dapat memberi pengetahuan kepada perempuan mengatasi maupun mendeteksi gejala kanker payudara yang ada. Agar perempuan Surabaya bisa terbebas dari bahaya kanker payudara,” tutupnya.

Dalam kegiatan yang megambil tema Merajut Cinta dalam Pita Pink juga menghadirkan narasumber untuk memberikan informasi, pengetahuan sekaligus cara terbaik dalam penanganan bahaya dari Kanker Payudara. Narasumber yang hadir antara lain dr. Dwirani Rosmala Pratiwi, SpB, dr Agustina Sp. KJ, dr Titiek H. Ahadiah Sp. THT (K). Hadir pula DDG Yetty Sutan, past DDG Mufid Wahyudi, dan dr. Sundari, Kepala RS Onkologi Surabaya (yit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *