Ratusan Nelayan Terima Bantuan Paket Konversi BBM Ke BBG Untuk Kapal Perikanan

CB, BATULICIN – Sebanyak 214 Nelayan Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir menerima bantuan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) Ke Bahan Bakar Gas (BBG), Jum’at (5/10/2018) pagi.

Pemberian Paket Konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil ini merupakan program Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI.

Bantuan diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, H Dardiansyah kepada para nelayan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Alimuddin Baso mengatakan bantuan paket konversi BBM ke BBG bagi nelayan ini merupakan program dari Kementerian ESDM bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI yang didukung pula oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan PT Pertamina.

Nelayan penerima bantuan paket ini adalah nelayan yang telah memenuhi kriteria seperti memiliki kartu nelayan yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan dan nelayan pemilik kapal dengan kapasitas dibawah 5 GT, serta nelayan yang menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

“Program Paket Konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan ini untuk membantu masyarakat nelayan kecil,” sebutnya.

Adapun paket konversi yang diserahkan berupa mesin kapal, converter kit, tabung LPG, As Panjang, dan baling-baling kapal.

Menurutnya, kapal nelayan yang menggunakan BBG ini lebih hemat dari BBM. Satu BBG dapat menghemat 7 liter BBM.

Kepada para nelayan penerima bantuan, Ia berpesan agar paket bantuan dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari nelayan dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dardiansyah mengatakan perhatian pemerintah untuk rakyatnya sangat luar biasa. Buktinya, para nelayan di Tanah Bumbu mendapatkan bantuan mesin kapal dan tabung gas yang diberikan secara gratis untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Ia menambahkan, bantuan yang diterima oleh nelayan ini dapat dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Plt Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor diwakili Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Avian Noor dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Anggota Komisi VII DPR RI H Dardiansyah dan Kementerian ESDM dengan adanya bantuan paket konverter kit pada program konversi BBM ke BBG untuk nelayan kecil di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan bantuan ini tentunya diharapkan mampu meningkatkan produktifitas para nelayan di Tanah Bumbu yang saat ini memang perlu mendapat perhatian, terutama terhadap dukungan sara dan prasarana yang memadai guna membantu kesejahteraan para nelayan.

Menurutnya, para nelayan kecil di Tanah Bumbu masih banyak menggunakan cara-cara lama sehingga kurang efektif dan efesien serta tidak ditunjang dengan peralatan yang memadai.

Untuk itu, sebutnya, pemerintah daerah berterimakasih dengan adanya bantuan paket konversi BBM ke BBG bagi nelayan kecil.

“Semoga bantuan yang diterima ini dapat meningkatkan penghasilan nelayan,” ujarnya. (Jhon/Rel Mc Tanbu)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *