RS dr Moh Saleh Probolinggo Mengaku Sudah Kembalikan Uang Kelebihan Bahan Logistik

CB, PROBOLINGGO – Direktur RSUD dr Moh Saleh Kota Probolinggo mengaku sudah mengembalikan kelebihan pembayaran atas kegiatan pengadaan bahan-bahan logistik rumah sakit pada RSUD dr Moh Saleh sebesar Rp.340.674.125,20.

Kelebihan uang pembayaran ini sempat menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) di Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo Jawa Timur pada 2017 lalu.

Dalam laporan itu, BPK menemukan adanya kelebihan pembayaran atas pengadaan bahan-bahan logistik sebesar Rp.340.674.125,64 dari anggaran yang telah direalisasikan sebesar Rp.2.747.275.400,00.

Rubiyati, Diretur RSUD dr Moh Saleh Kota Probolinggo, saat ditemui surat kabar ini di ruang kerjanya mengatakan,” ya memang betul dengan adanya itu dan kami sudah mengembalikan kelebihan itu ke kas daerah dengan sesuai aturan,”jelasnya. (9/10/2018).Perlu diketahui, temuan hasil pemeriksaan BPK atas dokumen menunjukkan bahwa terdapat bukti pembelanjaan pada swalayan Giant yang diragukan karena bukan berupa struk hasil print out system, melainkan kuitansi biasa.

Kepala Instalasi Gizi, nutrisionis rumah sakit, dan tiga pegawai yang membantu pelaksanaan belanja diketahui bahwa bukti pembelanjaan tidak selurunya valid dan akurat.

Kemudian sampai pemeriksaan berakhir, jumlah bukti pertanggung jawaban asli yang disampaikan kepada Tim BPK adalah sebesar Rp.2.406.601.274,80, sehingga terdapat kelebihan pembayaran sebesar Rp.340.674.125,20.

Dengan dikembalikan uang kelebihan atas kegiatan pengadaan bahan-bahan logistik rumah sakit pada RSUD dr Moh Saleh kota Probolinggo, hanya berhenti disini saja, itu ada ranah hukum pidananya. “Lihat saja nanti perkembangannya,” kata seorang pengacara. (Bersambung/Tim)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *