Puskesmas Gayam Sediakan Trauma Healing bagi Anak-Anak Korban Gempa Sapudi

Sumenep – Bersama pihak TNI-AD, Puskesmas Gayam, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyediakan pelayanan trauma healing bagi anak-anak korban gempa di Kepulauan Sapudi beberapa waktu lalu.

Dengan dibantu pihak TNI-AD yang ditugaskan di lokasi itu, pihak Puskesmas Gayam terlihat tengah melakukan terapi terhadap beberapa anak-anak korban gempa di Kepulauan Sapudi.

“Setidaknya ada 6 perawat yang sudah kita tugaskan disini,” kata Zamzam, salah satu petugas Puskesmas Gayam. Jumat, 19 Oktober 2018.

Zamzam menjelaskan, terapi trauma healing itu, merupakan salah satu cara alternatif yang harus diterapkan kepada para anak-anak di Kepulauan Sapudi. Tidak hanya itu, menurutnya, cara itu dinilai sangat efektif dalam menghilangkan rasa trauma di dalam diri anak-anak yang menjadi korban gempa berkekuatan 6,4 skala richter tersebut.

“Ketika anak-anak ini sudah sembuh dari trauma yang dialami, nanti akan kita serahkan ke pihak orang tua,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil Kepulauan Sapudi, Kapten Arh Catur Heri Wibowo menjelaskan, selama melakukan terapi trauma healing itu, dirinya bakal memerintahkan personelnya untuk melakukan pendampingan.

Dirinya menilai, selama melakukan pendampingan tersebut, personelnya juga diwajibkan untuk bisa membantu berlangsungnya proses terapi tersebut. “Pasti kita siagakan. Nanti mereka akan bergantian melakukan pendampingan kepada anak-anak itu,” jelasnya.(tar)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *