Cerdaskan Anak Bangsa, Satgas TMMD Bondowoso Rela Datangi Rumah Warga

CB, Bondowoso – Pembantu Letnan Dua (Pelda) Muhammad Soleh, rela mendatangi setiap rumah milik warga yang berada di Dusun Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso.

Kedatangannya Satgas TMMD Bondowoso itu, bertujuan untuk mengajak seluruh anak-anak warga mengikuti berlangsungnya belajar bersama.

Dengan rasa penuh ketelitian dan kesabaran, Pelda Soleh mengeluarkan masing-masing buku yang dibawanya.

Tanpa rasa ragu, anggota Satgas TMMD Bondowoso ke-103 itupun, langsung memberikan beberapa materi pelajaran kepada anak-anak yang berada di Dusun Solor.

Strategi pembelajaran yang dilakukannya pun, memang terlihat sederhana. Tapi, jangan salah, jurus jitu yang dikeluarkannya itu, sangat mampu membangun pola pikir, semangat, hingga kedekatan emosional diantara dirinya dan anak-anak yang saat itu antusias dengan kedatangan Pelda M. Soleh.

“Saya memberikan pelajaran kepada anak-anak tentang wawasan kebangsaan, kandungan Pancasila, keagamaan hingga lagu-lagu kebangsaan kepada mereka,” ujarnya Senin, 22 Oktober 2018.

Terjalinnya hubungan emosional itu, kata Soleh, tak hanya sekedar hubungan antara guru dan murid, tapi Soleh berupaya untuk menjalin hubungan emosional layaknya orang tua dan anak.

“Kalau hubungan emosional sudah terjalin layaknya bapak dan anak, niscaya ketika kita mengajar, anak-anak akan fokus terhadap materi pelajaran yang kita berikan,” jelas Soleh.

Sementara itu, Husin (44), salah satu warga sekitar menilai, langkah yang dilakukan oleh Pelda M, Soleh, sangat layak untuk diapresiasi.

Bagaimana tidak, menurut Husin, tanpa diminta, Satgas TMMD itu secara sukarela mendatangi rumah warga, hanya untuk membuka wawasan anak-anak di lokasi TMMD, khususnya di Desa Solor.

“Hampir setiap hari, pak Soleh datang ke rumah-rumah warga dengan membawa tas, yang isinya penuh dengan buku-buku pelajaran. Kedatangannya juga tanpa diminta (ikhlas, red),” jelas Husin.(yd)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *