Warga Resah Adanya Perubahan Tarif PDAM

CB, Surabaya – Kebijakan penyesuaian tarif ini sudah dikenakan ke pelanggan untuk tagihan rekening PDAM pada bulan Oktober lalu.

Sejumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada kota Surabaya di wilayah Surabaya barat, mengeluhkan pemberlakuan penyusaian tariff yang naik sekitar 50 persen.

Beberapa pelanggan PDAM mengaku keberatan atas kenaikan tariff rekening air, karena tanpa ada sosialisasi terlebih dahulu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Humas PDAM Surya Sembada, Agus Subagyo menjelaskan, bahwa tidak semua pelanggan PDAM yang terkena penyesuaian tarif, karena hanya berlaku pada persil yang telah berubah fungsi dan kategori kawasan persil tertentu.

“Penyesuaian tarif nya dikenakan bagi persil yang semula rumah tangga menjadi tempat usaha,” ujar Agus

” Tapi kalau ada persil yang dulu tempat usaha dan sekarang rumah tangga bisa lapor ke PDAM untuk disesuaikan lagi tarifnya,” imbuh Agus saat di hubungi, Kamis(8/11/2018).

Penyesuaian tarif pelanggan ini diumumkan melalui website resmi PDAM www.pdam-sby.go.id , lengkap bersama besaran tariff pada tiap-tiap kelompok pelanggan.

Agus menegaskan, pemberlakuan penyesuaian tariff pelanggan PDAM ini, sudah berjalan setahun lalu.

“Ada sebelas kelompok pelanggan PDAM dengan tariff yang berbeda-beda dan semuanya telah diumumkan melalui website,” katanya.

Penetapan penyesuaian tariff PDAM tersebut, lanjut Agus, mengacu pada peraturan Wali Kota (Perwali) tahun 2005 yang ditanda tangani pada 29 November 2005 lalu tentang tariff air minum dan struktur pemakaian air minum PDAM kota Surabaya.

Selain Perwali, penyesuaian tariff juga mengacu pada Peraturan PDAM kota Surabayaa nomer 4 tahun 2008 yang disahkan pada tanggal 3 Maret 2008 tentang Klasifikasi Pelanggan Air Minum.

“Ya berdasarkan 2 aturan itu. Jadi kan langsung diterapkan tanpa harus lapor lagi ke Wali kota dan Dewan. Itu kan aturan lama,” pungas Agus.(lang)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *