CB – Perubahan tata guna dan penebang liar mengurangi jumlah pohon yang berakibat pada menurunnya kualitas lingkungan. Atas kondisi ini, Yonif Raider 509 Kostrad bersama Fakultas Hukum Universitas Jember melakukan penghijauan dengan penanaman pohon di Desa Suci, Kec. Panti Kab. Jember. Jumat (23/11 2018).

Kegiatan penghijauan ini diikuti oleh 50 personel prajurit Yonif Raider 509 Kostrad dengan dipimpin oleh Pasi-1/Intel Yonif Raider 509 Kostrad, Lettu Inf Ryan Krisna Gusma Putra, S.S.T.Han., S.I.P, beserta 25 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember dan puluhan masyarakat dari Desa Suci.

Pasi-1/Intel Yonif Raider 509 Kostrad, Lettu Inf Ryan Krisna Gusma Putra mengatakan bahwa kegiatan karya bakti penanaman pohon tersebut dalam rangka penyelenggaraan program penghijauan atau reboisasi.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kepedulian akan bumi kita, khususnya dalam bidang reboisasi atau penghijauan. Kegiatan ini mengajarkan kepada masyarakat akan pentingnya penghijauan dan juga dapat mengurangi angka bencana alam di wilayah kita,” kata Ryan Krisna G.P.

Ditempat lain Danyonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin S.Sos., M.I.Pol. mengatakan pihaknya akan terus mendukung kegiatan Fakultas Hukum Universitas Jember terutama berkaitan dengan kemasyarakatan.

“Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini, kita semua dapat menyelamatkan dari ancaman kerusakan lahan yang semakin parah, aparat TNI khususnya Yonif Raider 509 Kostrad bekerjasama dengan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember akan selalu mendukung serta ikut berpartisipasi program penghijauan, dengan menanam pohon serta tentunya melibatkan peran serta masyarakat,” terangnya.

Ketua pelaksana penanaman pohon dari Fakultas Hukum Universitas Jember Dr.Triana SH.MH. mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian kita, para mahasiswa bersama TNI khususnya Yonif Raider 509 Kostrad terhadap lingkungan di daerah ini.

“Kami telah menyiapkan 100 bibit pohon Mahoni. Selain itu, kami juga melakukan kegiatan pelepasan 1000 benih ikan disekitar sungai yang ada di Desa Suci.

“Atas nama Fakultas Hukum Universitas Jember mengucapkan terimakasih kepada TNI dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar dan aman,’ imbuhnya. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *