Kepedulian Warga Perbaiki Jalan Raya Ngasinan, Pemda Gersik Lamban Penangannya

Gersik, CB – Meskipun hingga saat ini masih belum mendapat perhatian dari Pemkab Gresik, namun anggota Polsek Pakal bersama masyarakat terus berupaya melakukan perbaikan terhadap jalan raya Ngasinan, yang mana jalan tersebut sudah lama rusak parah dan hancur.

Beberapa truk pengangkut tanah urug (sertu) datang di lokasi tersebut, yang kemudian diratakan oleh anggota Polsek Pakal bergotong-royong bersama warga sekitar. Selama ini anggota Polsek Pakal sudah berbaur dengan masyarakat, baik di wilayah Pakal sendiri maupun di luar Pakal. Hal tersebut  dicontohkan Kompol Subagyo S.Sos, semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolsek di Sektor Pakal.Karena menurutnya, menjalin sinergitas dengan masyarakat sangatlah penting. “Seperti halnya saat ini memperbaiki jalan tanpa bantuan dari masyarakat, mungkin ndak akan terlaksana, dari merekalah ide dan bahan-bahannya, seperti tanah sertu gragal, pasir dan lainnya,” ujar Subagyo.

Dengan berupaya seperti ini, kata Subagyo, minimal telah memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupaya memberikan keselamatan kepada warga pengguna jalan, agar masyarakat bisa lancar dalam melaksanakan aktifitasnya sehari – hari.

“Namun hal ini harus segera diperbaiki dengan cor atau aspal, jika tidak saat ini masih musim penghujan. Dikawatirkan tanah urug ini akan tergerus air dan hanyut lagi, ya memang kemampuan kita bersama warga hanya sebatas berusaha untuk menutup lubang – lubang tersebut menggunakan sertu dan pasir, agar tidak sampai membahayakan masyarakat,” ungkap orang nomer satu di jajaran Polsek Pakal.

Jalan Raya Ngasinan yang masuk Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kab. Gresik tersebut, memang dinilai sudah parah tingkat kerusakannya, terlebih lagi jalan tersebut adalah jalur lintas kota.

Mengingat jalur tersebut merupakan jalur padat pengendara, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luar daerah, mereka banyak yang melewati jalan raya Ngasinan, bahkan Kamis (7/2/2019) kemarin terjadi kemacetan panjang. Oleh sebab itu bisa dipastikan jika jalan tersebut terus rusak parah (hancur) maka dampaknya akan luas, selain kemacetan juga dapat melumpuhkan segala aktifitas masyarakat.

Untungnya, anggota Polisi Sektor Pakal bersama warga masyarakat selama ini selalu bersinergi dengan baik, sehingga permasalahan jalan raya Ngasinan tersebut, walaupun sifatnya sementara namun dapat teratasi.

Pantauan cahaya baru, satu dump truk tanah sertu diturunkan di area jalan tersebut, yang selanjutnya anggota Polsek Pakal bersama warga masyarakat, bahu – membahu melakukan pengurukan. Kekompakan dua sosok Pimpinan Polisi Sektor (Polsek) Pakal Polrestabes Surabaya, yaitu, Kompol Subagyo S.Sos dengan AKP. Heru P. R. SH, dan anggotanya bisa diacungi jempol, terbukti dengan semangat yang tinggi akhirnya tanah urug tersebut bisa diratakan, dan jalan sudah terlihat bagus untuk sementara bisa dilewati dengan lancar.

Selain itu, lokasi jalan tersebut saat itu sangat becek, mereka rela berjibaku dengan lumpur dan tanah urug saat meratakan sertu tersebut. Rasa kebersamaan yang tinggi ditunjukkan oleh anggota Polisi Pakal dengan warga masyarakat . ( sis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *