Sekdakab Tanbu Hadiri Launching Rumah Kelola Sampah Desa Baroqah

CB, Tanah Bumbu – Direktur Utama PT PELNI (persero) Insan Purwarisa L. Tobing  bersama Sekdakab Tanah Bumbu H Rooswandi Salem, SE, MM meresmikan launching pertama penggunaan Rumah Kelola Sampah di Desa Baroqah , Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Kamis 7/02/19. H Rooswandi hadir pada acara ceremonial tersebut mewakili Bupati Tanah Bumbu H. Sudian  Noor yang berhalangan hadir.

Selain itu pada kesempatan itu juga turut hadir unsur muspida, muspika Kabupaten Tanah Bumbu, kepala kantor pelabuhan , kepala desa Baroqah beserta perangkat desanya dan para tamu undangan.

Latar belakang terbangunnya Rumah Kelola Sampah adalah dalam rangka mendukung  pelestarian alam dan menjaga ekosistem lingkungan laut yang berbasis , maka PT PELNI (persero)melalui program OELNI peduli lingkungan membangun sarana pengelolaan dan pengolahan Sampah PELNI yang dikerjakan secara gotong royong  oleh kelompok masyarakat.

Direktur utama PT. PELNI (persero)Insan Purwasarisya L. Tobing pada sambutan singkatnya mengatakan bahwa dengan kehadiran Rumah Kelola Sampah ini kiranya amat penting sebagai sarana untuk mengolah sampah dari masyarakat  serta sampah berasal dari kapal PELNI yang singgah di Batulicin . Demi menjaga kebersihan lingkungan dan laut yang bersih dan sekaligus pemberdayaan masyarakat , oleh karena itu PT. PELNI (persero) melalui program PT. PELNI  Peduli Lingkungan Membangun Rumah Kelola Sampah (RKS) dan melakukan pembinaan serta pemahaman kepada warga Desa Baroqah supaya dapat mengelola sampah menjadi produk produk yang bernilai jual serta sebagai sarana edukasi “sekolah sampah”.

PELNI telah merealisasikan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sejak tahun 2000 dibeberapa wilayah di Indonesia dan dalam kurun waktu dua tahun terakhir telah tersalurkan dana PKBL sebesar Rp.8.322 Juta, terakhir dari penyaluran program kemitraan (PK) dalam bentuk soft loan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat  sebesar Rp.3. 070 Juta di tahun 2017 dan Rp.2.935 juta pada tahun 2018 lalu. Menanggapi hal tersebut ketua KSM Bina Benua Taupiqurahman mengatakan harapannya agar kegiatan ini mampu menginpirasi warga lainnya untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan dan ia juga mengajak seluruh perusahaan yang ada di Tanah Bumbu untuk dapat turut serta berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan sebagaimana yang telah dilakukan oleh PT. PELNI (persero). Kami siap membangun koneksi dan bermitra dengan perusahaan mana saja yang peduli terhadap lingkungan, ungkapnya.(jhon)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *