Peduli Pendidikan, Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bantu Mengajar di Puncak Jaya

CB – Semenjak kejadian gangguan keamanan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, kehidupan pendidikan anak-anak di wilayah Kab. Puncak Jaya khususnya di Kampung Kalome, Distrik Tingginambut terhenti. Hal tersebut diakibatkan karena guru pengajar tidak berani untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak di sekitar tempat tersebut, yang selama ini sering di singgahi oleh KKB, Selasa (12/02/2019).

Melihat kondisi dan semangat anak-anak yang tidak putus asa untuk terus mendapatkan pendidikan, Satgas Pamrahwan Puncak Jaya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad berupaya mengajak serta merangkul anak-anak di sekitar wilayah tersebut untuk dapat belajar melanjutkan pendidikan terutama di SD Kalome, Distrik Tingginambut.

Sebanyak 25 Prajurit Satgas terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini, setiap hari ada lima orang sebagai guru yang mengajar secara bergantian dan selebihnya melakukan pengamanan.

Komandan Kompi (Danki) Satgas, Lettu Inf Zulfahmi Khaidir Depari mengatakan, kami memulai kegiatan ini terhitung sejak Desember 2018 hingga Juni 2019 mendatang.

“Personel Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad akan berupaya untuk menjadi guru pengganti agar bisa meneruskan kegiatan belajar yang selama ini terhenti akibat gangguan keamanan,” ungkap  Lettu Inf Zulfahmi Khaidir Depari.

“Jumlah murid saat ini sekitar 80 sampai 90 orang, mulai dari usia 5 tahun sampai 12 tahun. Sebagai Satgas kami sangat berharap ada pihak yang melanjutkan upaya kami ini secara konsisten, memberikan pengajaran  secara berjenjang dan tidak hanya terhenti ketika kami kembali dari sini,” harapan Danki Satgas. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *