BAWASLU KOTA PROBOLINGGO SOSIALISASI PENGAWASAN DAN PERAN MEDIA DALAM PEMILU 2019

CB, Probolinggo – Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 . Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Probolinggo bertempat di gedung Paseban Sena jalan Suroyo Kota Probolinggo menggelar sosialisasi pengaturan kampanye media , Seni 25 Februari 2019.

Dalam sosialisasi tersebut Bawaslu tidak hanya meminta Media kampanye secara obyektif . Bawaslu juga meminta jika ada Media yang melanggar aturan kampanye agar dilaporkan.

Sosialisasi tersebut dikemas dengan program Sosialisasi Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan Penyiaran dan Iklan Kampanye.

“Sosialisasi ini fokus pada pembahasan iklan kampanye , yakni penyampaian Kampanye melalui media .  Baik media cetak , elektronik dan online , media sosial hingga lembaga penyiaran . Dimana obyektivitas menjadi tolak ukur dalam Kampanye ” , kata Koordinator Divisi Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Timur Nur Elya Anggraeni .

Dalam kesempatan tersebut Bawaslu juga mensosialisasikan berbagai regulasi yang berhubungan dengan kampanye di media massa. Mulai dari Undang Undang Dasar Republik Indonesia , Peraturan KPU hingga Surat Keputusan .

“Iklan kampanye di media massa sudah seharusnya sangat obyektif tidak memihak dan tendensius  .  Pasalnya dalam konten akan terlihat muatannya kemana ” ujar Nur Elya Anggraeni .

Dihadapan ketua ketua parpol yang hadir  Nur Elya Anggraeni mengingatkan  , peserta pemilu yang melakukan kampanye di media massa , elektronik , cetak dan online sebelum 24 Maret dikualifikasikan sebagai Kampanye diluar jadwal .

“Sangsinya bisa dikenakan pidana dengan kurungan paling lama satu tahun dan denda Rp 12 juta”, terangnya .

Diketahui tahapan Pemilu Iklan Kampanye baru dimulai pada 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019 .

Larangan tersebut diatur dalam pasal 521 Tentang melakukan kampanye yang dilarang bagi peserta pemilu dan team kampanye , melanggar pasal ini ancamannya adalah pidana penjara dua tahun serta denda paling banyak Rp 24 juta . (Mamad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *