PULUHAN RIBU MASYARAKAT MENGHADIRI MILENIAL ROAD SAFETY FESTIVAL SEKALIGUS PERESMIAN GM PLAZA LUMAJANG

CB, LUMAJANG (31/03/2019) – Polres Lumajang bekerjasama dengan Graha Mulia Plaza mengadakan Millenial Road Safety Festival sekaligus Grand Opening GM Plaza di Halaman GM Plaza. kegiatan tersebut dihadiri puluhan ribu masyarakat.

Dari data yang tercatat lebih dari 2.200 peserta sepeda santai dan 7.987 peserta jalan sehat diberangkatkan oleh Kapolres Lumajang beserta pimpinan GM.

Acara selanjutnya adalah Lomba Cipta Puisi dengan tema “cinta Tertib lalu lintas” yang di ikuti peserta dari berbagia daerah, ada yang dari surabaya, nias, bandung, palembang, dan dari kota – kota lainnya, bahkan ada kontestan dari kota London Inggris mengirimkan karya puisinya melalui email panitia.

Karya Bapak Subhakri yang berjudul “Hanya Mimpi” menjadi pemenang kategori umum. Puisinya menceritakan tentang anak orang kaya yang memiliki segalanya, tapi tidak memiliki kasih sayang sehingga hidupnya di penuhi ugal-ugalan di jalan. satu ketika dia menabrak satu keluarga sampai meninggal dunia dan diapun akhirnya tertabrak dan meninggal. tapi ternyata apa yang dia alami hanyalah sebuah mimpi.

Ditengah tengah-kegiatan, Kapolres Lumajang AKBP DR  Muhammad Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH mengatakan kegiatan ini untuk mengingatkan generasi millenial agar selalu tertib saat berkendara di jalan “Hasil Kajian dari Korps Lantas Polri, korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kaum millenial yang berumur antara 15-35 tahun. Kaum millenial adalah pemuda yang seharusnya kelak mengisi posisi-posisi strategis negara ini, tapi bila mereka menjadi korban kecelakaan yang berakibat fatal seperti cacat atau meninggal dunia, berarti kita kehilangan aset bangsa. Selain itu secara tidak langsung juga terjadi Proses pemiskinan dalam keluarga karena mereka yang seharusnya sebagai tulang punggung keluarga, menjadi tidak produktif karena cacat yang dialaminya. untuk itu, gelaran Millenial Road Safety Festival ini untuk mengingatkan kaum millenial agar selalu tertib berkendara di jalan. jadikan keselamatan sebagai hal yang utama” Ujar Arsal.

“kecelakaan lalu lintas menduduki urutan ke-5 penyebab kematian terbesar di dunia setelah  penyakit jatung koroner, diabetes, paru-paru, TBC kemudian laka lantas. Hal ini sesuai data dari WHO yg merupakan badan PBB. kita ketahui tahun 2018 ada 27.910 orang  yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Perang irak-Iran dan Perang di Suriah tidak sampai menyebabkan korban sebesar itu dalam setahun. lebih rawannya lagi, 70 persen dari korban tersebut adalah usia produktif yang saat ini dikenal sebagai Kaum Milenial” ujar Arsal kembali.

Kapolri Jenderal Pol. Prof H Muhamad Tito karnavian Ph.D dalam arahannya mengatakan “visi dan misi dari Millenial Road Safety Festival adalah memberdayakan kaum milenial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas guna tercapainya tujuan Road Safety to Zero accident” Ujar Tito.

Dalam acara tersebut terlihat banyak masyarakat yang meminta berswa foto bersama Kapolres Lumajang. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Kapolres menekan kriminalitas diwilayahnya, kejadian Begal dan maling sapi turun drastis sampai 90 % sejak kepemimpinan AKBP M. Arsal Sahban, sehingga masyarakat merasa puas.”Ujarnya,(Hardi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *