DKP JATIM ADAKAN KEGIATAN SEKOLAH PANTAI BAGI GENERASI MUDA  DI PELABUHAN BAWEAN KAB GRESIK

CB, BAWEAN – Dinas Kelautan dan Perikanan adakan kegiatan sekolah pantai di pelabuhan bawean,  acara ini di selenggarakan pada tanggal 5 april 2019.

Di adakan sekolah pantai ini guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terutama khususnya bagi generasi muda.

Terutama akan dampak perubahan iklim, kebencanaan, serta pemahaman Terhadap kondisi Kelestarian area pesisir dan ekosistem laut. Kegiatan sekolah pantai ini di ikuti oleh 60 siswa/siswi  dari SMK ,SMA maupun MA  di pulau bawean kab gresik.

Kegiatan sekolah di pantai tersebut di buka oleh Bpk Ir. Slamet Budiyono,M.M  beliau adalah kepala Bidang kelautan pesisir dan pengawasan , Di lanjut oleh Mochamad Suhadi ,S.Pi, M.Si Selaku kepala seksi Pendayagunaan Pesisir  dan pulau -pulau kecil , kemudian Ir Fathkur Rozam sebagai Narasumber Permehati Lingkungan dan Bpk Subhan Selaku Ketua Pokmaswas  hijau daun.  Materi yang di sampaikan berkaitan dengan menjaga  kelestarian ekosistem pesisir pantai dan bahaya sampah Plastik.

Siswa/siswi generasi muda yang mengikuti kegiatan sekolah pantai di berikan contoh aplikatif dari penanggulangan bahaya sampah plastik yaitu dengan membawa tempat minum pribadi yang dapat di gunakan berulang kali untuk mengganti penggunaan botol plastik sekali pakai pada air minum dan para siswa/siswi tersebut di ajarkan cara menanam mangrove

serta pohon cemara sebagai tanaman vegetasi pantai. Penanaman mangrove tersebut sangat bermanfaat pada ekosistem pesisir, tidak hanya mencegah erosi dan abrasi , melainkan berfungsi untuk penyaringan air laut , serta berperan sebagai pembentukan pulau dan stabilisasi daerah pesisir namun juga dapat menjaga terumbu karang serta ikan ikan yang hidup di sekitarnya. Jenis mangrove yang terdapat di pulau bawean ini ada 24, sedangkan tumbuhan lain yang di tanam untuk memperkuat  kerapatan tanah dan menjadi pendamping mangrove adalah tanaman cemara.
Terdapat 100 batang jumlah bibit vegetasi dan bibit mangrove yang di tanam oleh para generasi muda ini. Peserta dan panitia sangatlah antusias saat mengikuti seluruh rangkaian acara pada kegiatan sekolah pantai bagi para generasi muda. Dengan memberikan contoh supaya para generasi muda ini bisa menjaga dan melestarikan area di pesisir pantai. (Angga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *