Aneh, Kelurahan Manukan Kulon Belum Tempel C1 Hasil Penghitungan Suara

CB, SURABAYA – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes, belum memampang hasil penghitungan suara hingga Selasa (23/4/2019) pagi. Padahal, aturan mengisyaratkan hasil penghitungan suara wajib ditempel di kelurahan.

Menurut Ambar, Sekretaris  Kelurahan (Sekkel) Manukan Kulon saat ditemui dikantornya mengatakan,” tidak ada waktu dan tenaga tidak memungkinkan. Selain itu, ada kesalahan di beberapa TPS, hal itu penyebabnya. Tapi hari ini akan dipasang,” terang Ambar

Saat dikonfirmasi terkait pemasangan C1 ini, Petugas PPS Kecamatan Tandes, Agus mengatakan mengakui belum menempelkan formulir C1. Dia beralasan karena kesalahan teknis di lapangan.

“Iya belum dipasang. Soalnya banyak yang salah petugas TPS di lapangannya. Formulir C1-nya harusnya tidak dimasukkan ke kotak suara malah dimasukkan atau 2.1 ditulis 1.2 dan sebaliknya. Jadinya kami harus menunggu kotak suara dibuka di kecamatan,” ujarnya.

Menurut keterangan tokoh masyarakat kelurahan Manukan Kulon,” semestinya C1 ditempelkan di setiap kelurahan, anehnya saat saya tanyakan dikecamatan, satu hari dua hari C1 akan kami pasang,” jelasnya.

“ Anehnya lagi, petugas PPS Kelurahan Manukan Kulon mengatakan hasil suara kelurahan manukan kulon diserahkan ke kecamatan Tandes, ada yang menyuru, tapi tidak mau menyebutkan namanya,” kata Misdi, meniruhkan petugas PPS.

Perlu diketahui dalam Pasal 508 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur bahwa setiap anggota PPS yang tidak mengumumkan C1 di semua wilayah kerjanya diancam pidana satu tahun penjara dan denda paling banyak Rp 12 juta. (Zai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *