PASCA PEMILU JAGA SUASANA KONDUSIF

CB,Lumajang – Pemungutan suara Pemilu serentak telah usai. Namun diharapkan kepada seluruh komponen bangsa ikut menjaga suaaana kondusif di masyarakat. Demikian Wakil Bupati Lumajang, Ir.  Indah Amperawati, M.Si., (Bunda Indah), saat membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo pada upacara bendera Peringatan Hari Otoda ke- 23 di halaman Kantor Bupati Lumajang, Kamis (25/04/2019).

Peringatan Otda kali ini bertemakan: “Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan Otonomi Daerah yang kreatif dan inovatif.”

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, dalam teks tertulisnya memberikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya pemilu serentak 17 April 2019 yang berjalan lancar, aman dan tertib.

Perjalanan Otonomi Daerah pasca reformasi hingga sekarang, mwnurut Menteri dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otonomi Daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana Pemerintah Daetah dan masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

“Diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah,” jelasnya.

Lebih jauh, dijelaskan bahwa penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap bahwa masyarakat itu hanyalah semata-mata sebagai “Konsumen” dalam pelayanan publik, tetapi dituntut adanya kemampuan memperlakukan masyarakat sebagai “Citizen” (warga negara) termasuk  meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.Mendagri berharap, semua Aparatur Sipil Negara di daerah hendaknya memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintah yang sinergis,” pungkasnya.

Diluar teks, Wabup mengatakan, bahwa makna Otonomi Daerah adalah mewujudkan kemandirian daerah, agar daerah kabupaten/kota dapat mandiri dari segala hal. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama bekerja dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dengan melakukan kreativitas dan inovasi.

Wabup mengungkapkan, sejauh ini kebanyakan pemerintah daerah masih  begantung pada Pemerintah Pusat.

“Intinya, makna desentralisasi atau Oronomi Daerah adalah lemandieian daerah dalam membangun pemerintahan yang lebih baik,” Ujarnya(Hardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *