Perayaan Kings Day Perkuat Kerjasama Jatim dan Belanda

CB, SURABAYA – Resepsi Perayaan King’s Day, Y.M. Raja Willem Alexander bisa memperkuat hubungan kerjasama antara Provinsi Jawa Timur dengan Belanda. Program-program kerjasama dan hubungan perekonomian Jatim-Belanda diharapkan semakin meningkat dan memberikan manfaat yang besar bagi  kedua belah pihak.

“King’s Day sangat bermakna. Kegiatan ini memperkuat Jatim dengan Belanda, sekaligus sebagai wujud dari kerjasama yang ingin terus kita kembangkan di bidang perekonomian,” ujar Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Resepsi Perayaan King’s Day Y.M. Raja Willem Alexander di Balai Adika Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (27/4) malam.

Menurutnya, hubungan antara Jatim dengan Belanda, terutama di bidang perekonomian dan potensi kerjasama teknis akan terus dikembangkan. Ada 5 perusahaan besar asal Belanda yang ada di Jatim, antara lain PT. Paiton Energy Company, PT. Unilever Indonesia, PT. Phillips Indonesia, PT. Pakuwon Permai, dan PT. Ecco Tannery Indonesia.

“Kelima perusahaan ini telah secara signifikan menyerap tenaga kerja dan menjadi penggerak roda perekonomian Jatim yang dinamis,” kata Emil Dardak sapaan akrab Wagub Jatim.

Emil menjelaskan, bukti hubungan baik antara Jatim-Belanda juga terlihat ketika Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok pada 2018 lalu berkunjung ke Waduk Prijetan-Lamongan. Kunjungan tersebut merupakan momentum yang strategis bagi inisiatif kerjasama teknis terutama di bidang manajemen pengairan.

Dan Jatim menyambut baik tawaran Menlu Belanda terkait kerjasama teknis tersebut. Disamping itu, peluang beasiswa pelatihan, S2 dan S3 dengan mengirimkan delegasi ke Middelburg pada November 2018 telah dilakukan pembicaraan. Yakni dalam memberikan pendampingan teknis menyelesaikan masalah banjir di Kali Welang Pasuruan dan Kali Tanggul Jember.

Emil Dardak juga menyampaikan, bahwa Pemprov Jatim akan memberikan jaminan bagi perusahaan yang membangun industri di wilayahnya dengan mendapatkan ketersediaan sumber daya energi (energy resources).

Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol mengatakan, King’s Day dinilai sangat penting bagi masyarakat Belanda dengan menggunakan pakaian orange. “Ada tradisi, masyarakat Belanda di luar negeri mengucapkan selamat melalui telegram,” jelasnya.

Sebagai bentuk penghormatan, Wagub Jatim Emil Dardak menyumbangkan suara dengan menyanyikan lagu “My Way” di hadapan undangan yang hadir. (yit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *