PTSL 2019 Desa Watuagung Dapat Target 1000 Bidang

CB, Gresik – Desa Watuagung Mengare kecamatan Bungah tahun 2019 ini, kata Sekretaris Desa (Sekdes) Zainul mendapatkan program PTSL dari ATR/BPN Gresik sebanyak 1000 bidang.

Menurutnya, program PTSL  di desa Watuagung yang memiliki 4 dusun seperti dusun watuagung, sidorejo, mentani 1 dan mentani 2 sudah tahap pendaftaran oleh warga.

” Dari target 1000 bidang yang  mendaftar baru 360 bidang,”ungkap Zainul di ruang kerjanya.

Agar target tersebut tercapai, kembali disebutkan panitia desa  mengadakan pendaftaran di tiap dusun dengan memberdayakan kepala dusun, karang taruna, RT dan RW.

“Target waktu dari BPN satu bulan dimana setelah pendaftaran lalu  pengukuran dan pemberkasan harus selesai. Kamis (9/5/2019) kami lakukan pengukuran sesuai jumlah pendaftar yang ada,”imbuh Zainul lagi.

Dalam pendaftaran ini, tambah Ketua Panitia PTSL desa Watuagung menemui kendala dalam pemberkasannya seperti letter c masih nama pemilik lama pada umumnya sudah meninggal belum diwariskan ke ahli warisnya, letter c hilang kemudian pada umumnya kretek desa atau botekan tidak memiliki kode lokasi yang dikuatirkan salah orang dan masih beberapa masalah namun bisa ditangani.

Sementara itu, pihak ATR/BPN Gresik yang diwakili oleh Kaur Umum dan Kepegawaian Jemi Ritje menerangkan pelaksanaam program PTSL ini merupakan program Kementrian ATR/BPN.

Tahun 2019 ini, sebutnya target ATR/BPN Gresik 61.000 bidang  dan paling lambat bulan September 2019 harus rampung semua. Dengan jumlah pemohon 42 desa dari 5 kecamatan, di mana kantor pertanahan Gresik membentuk 7 (tujuh) tim lapangan. Tugas tim ini selain melakukan pengukuran sekaligus pemberkasan.

” Kami bekerja keras sampai lembur agar selesai sesuai target waktu dan yarget kuota. Jadi harus ada sinergitas antara ATR/BPN Gresik dengan panitia desa,” tuturnya bertempat di kantor ATR/BPN Gresik pada Rabu (15/5/2019).

Sesuai program Kementrian ATR/BPN penerbitan akte tanah (SHM)  di kantor pertanahan tidak dipungut biaya atau gratis.(rud / sis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *